Kolombia Ubah Nama Jalan Utama jadi Jalan Negara Palestina

Nusantaratv.com - 21 Januari 2023

Bendera Kolombia dan Palestina/ist
Bendera Kolombia dan Palestina/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Dewan Kota Bogota, Kolombia resmi mengubah nama salah satu jalan utama di kota tersebut menjadi State of Palestine Street atau Jalan Negara Palestina, pada (19/1/2023).

Perubahan nama jalan tersebut hasil kerjasama Dewan Kota dengan Kedutaan Besar Palestina.

Proposal perubahan nama jalan yang mereka ajukan disetujui oleh suara mayoritas selama diskusi di Komite Kelima tahun lalu. Duta Besar Palestina untuk Kolombia, Raouf Al-Maliki, mengungkapkan kebahagiaannya atas pengakuan tersebut.

"Hari ini, Palestina, sebagai hasil perjuangan rakyat Palestina dan kerja tak kenal lelah dari perwakilannya, menempati posisi yang layak di jantung ibu kota, dan ini adalah ekspresi kuat dari solidaritas besar," ujar Al-Maliki, Jumat (20/1/2023), mengutip republikacoid.

Perwakilan Humane Colombia Ana Teresa Bernal mengatakan usulan tersebut merupakan pengakuan atas Palestina sebagai negara dan rakyat, serta haknya untuk hidup. Selama bertahun-tahun, lobi Israel telah bekerja tanpa lelah untuk menggagalkan proposal tersebut dengan dalih warga Yahudi tinggal di jalan yang sama. 

Menurut Israel, penamaan jalan utama dengan State of Palestine Street akan berdampak negatif pada psikologi warga Yahudi yang tinggal di jalan tersebut. Belum lama ini, Kota Barranquilla di Kolombia juga menyetujui proyek serupa. Hal ini menunjukkan meningkatnya dukungan populer dan partisan rakyat Kolombia untuk Palestina dan hak atas negara mereka sendiri. 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])