Kian Membaik, Luhut Sudah Keluar RS

Nusantaratv.com - 16 November 2023

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Kondisi Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dikabarkan sudah membaik. Juru bicara Luhut Binsar Pandjaitan, Jodi Mahardi, membeberkan saat ini Luhut sudah keluar dari rumah sakit (RS) tempatnya dirawat di Singapura.

Sebelumnya, Luhut sempat menjalani perawatan karena diduga kelelahan yang luar biasa. Luhut diminta bed rest untuk mempercepat pemulihan.

Luhut pun sempat dirawat di RS Medistra dan RSPAD Gatot Subroto di Jakarta. Presiden Jokowi disebut telah menugaskan tim dokter tim dokter kepresidenan untuk merawat Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut pun mengaku banyak pihak yang mendoakannya agar segera sembuh.

Kemudian, Luhut memutuskan menjalani pemulihan di Singapura setelah mendapatkan tawaran dari sahabat dan dengan harapan agar Luhut dapat perawatan medis komprehensif.

"Tawaran dari sahabat dan harapan keluarga saya mendapatkan lingkungan yang memungkinkan pemulihan lebih optimal, kemudian membuat saya dirujuk ke Singapura," tulis Luhut di akun Facebooknya yang telah terverifikasi, Sabtu (4/11/2023).

Pada awal-awal berada di Singapura, ia hanya ditemani istri, anak, dan ajudannya. Ponsel Luhut dipegang oleh ajudannya sehingga segala urusan soal pekerjaan ditangani oleh ajudan Luhut.

"Rupanya menjalani pemulihan jauh dari rumah adalah pilihan yang bijak sebagaimana terlihat dari progres kondisi saya berangsur-angsur membaik sampai saat ini. Sekarang saya mulai diperkenankan memegang ponsel untuk sejenak menengok urusan kerja meski belum sepenuhnya," kata Luhut.

Kala dirawat di RS di Singapura, Presiden Jokowi sempat menjenguk Luhut pada awal November lalu. Jokowi mengabarkan kondisi Luhut membaik.

"Oh iya, kemarin saya dari Balikpapan langsung mampir dulu ke Singapura untuk menjenguk Pak Luhut, dan alhamdulillah kondisi beliau semakin membaik," ujar Jokowi kepada wartawan di Lanud Halim Perdanakusuma, Sabtu (4/11/2023).

Jokowi pun meminta doa agar Luhut bisa segera pulih dan kembali beraktivitas seperti biasa. Selain Luhut, Jokowi menjenguk istri Sekretaris Kabinet Indonesia Pramono Anung, Endang Nugrahani, yang juga dirawat di rumah sakit berbeda.

Juru bicara Luhut Pandjaitan, Jodi Mahardi mengatakan saat ini Luhut sudah keluar dari rumah sakit.

"Benar," jawab Jodi membenarkan kabar Luhut sudah keluar dari rumah sakit, Rabu (15/11/2023).

Tapi Luhut saat ini masih berada di Singapura untuk sementara waktu. Jodi menyebutkan Luhut masih perlu kontrol ke dokter sampai kondisinya optimal.

"Tapi beliau masih di Singapura untuk sementara waktu karena masih harus kontrol dokter sampai kondisinya sudah optimal," tandasnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close