Ketum PSSI Dorong SSB Lahirkan Atlet Nasional, Begini Tanggapan WBFC

Nusantaratv.com - 14 Agustus 2022

SSB diminta lahirkan atlet nasional
SSB diminta lahirkan atlet nasional

Penulis: Saifal Ode | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan mendorong agar Sekolah Sepak Bola (SSB) melahirkan atlet sepakbola nasional.

Menurutnya SSB merupakan tahapan pertama dari pra pemain yang hendak melebarkan sayapnya dalam dunia sepak bola di Indonesia. Bahkan, dari SSB banyak juga berkarir tinggi ke luar negeri. 

"Ronaldo, Kwateh dan Mikael Tata juga dari situ (SSB) juga termasuk Iqbal dari SSB. Jadi nantinya akan makin banyak pemain-pemain kita yang bisa memperkuat timnas maupun di klub," kata Iwan Bule, sapaan akrabnya, di Bandung, Sabtu (13/8/2022).

Iwan menilai, saat ini banyak kegiatan turnamen yang diadakan oleh SSB. Hal itu merupakan kegiatan yang baik untuk melatih jiwa kompetensi dari para pemain muda.

"Semakin banyak turnamen yang dilakukan SSB ini, itu semakin bagus buat perkembangan Indonesia. Kemarin juga ada turnamen Pak Prabowo, itu juga menghasilkan pemain-pemain yang sangat luar biasa," ujarnya.

Iwan Bule mengatakan, setiap turnamen tentunya akan menghasilkan pemain yang bagus. Dalam kondisi itu, para pemain akan diincar dan dibawa untuk turut menjajal pertandingan bersama Timnas Indonesia. 

"Nanti ada pemain yang bagus, itu pasti akan naik ke atas. Karena tidak ada pemain di Indonesia, timnas, maupun klub yang tidak berasal dari SBB atau pembinaan di usia dini," ungkapnya. 

Sementara itu, Manajer Akademik WBFC, Ray Manurung mengatakan, SSB sendiri banyak mencetak para pemain sepak bola yang kini sudah terbukti bisa memiliki karir. Adapun WBFC ini dibentuk dari timnas pelajar yang dahulu pulang dari Portugal dengan belajar selama tiga tahun penuh di akademik, kini diberikan pelatihan. 

"Kita bentuk lagi di usia 10 tahun dan 13 tahun dengan semua fasilitas yang ada dan kita menseleksi anak-anak terbaik," ucap Ray.

Selain itu, WBFC tidak mengambil biaya pada orang tua siswa. Tujuan dibentuknya sekolah sepakbola ini, untuk membuka kesempatan seluruh anak bangsa yang ingin maju di sepak bola. 

"Sudah ada yang dari kami berkontribusi, itu anak-anak kita seperti Mikael Tata yang sudah mengikuti timnas U-19 yang nanti akan bertanding di piala dunia U-20 tahun depan," katanya. 

WBFC sendiri kini sudah memiliki siswa sebanyak 50 anak yang terdiri dari 25 anak di usia 10 tahun, dan 25 anak diusia 13 tahun. Namun nantinya akan membuka kembali seleksi di bulan depan dengan model degradasi.

"Kita akan membina mereka sebaik mungkin bukan hanya bisa mencetak gol, tapi bagaimana bermain bola dari mulai karakter, kerendahan hati, visi bermain, terutama yang kita tahu pemain Indonesia tidak bisa pasing katanya," tukasnya.

Diharapkan kedepan semakin banyak atlet-atlet nasional yang memiliki bakat.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])