Ketua Dekranasda Provinsi NTB Ajak Kaum Muda Cinta Daerah Sendiri Melalui Seni Teater

Nusantaratv.com - 07/10/2022 16:15

Ketua Dekranasda NTB, Niken Saptarini Zulkiefkimansyah saat menghadiriPergelaran teater on stage 2022 di Taman Budaya Provinsi NTB. Foto (Istimewa)
Ketua Dekranasda NTB, Niken Saptarini Zulkiefkimansyah saat menghadiriPergelaran teater on stage 2022 di Taman Budaya Provinsi NTB. Foto (Istimewa)

Penulis: Gabrin | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Pergelaran teater on stage 2022 berlangsung sukses di Taman Budaya Provinsi Nusa Tenggara Barat pada Kamis (6/10/2022). 

On stage teater sendiri sudah diselenggarakan sejak tanggal 2 Oktober 2022 lalu dan berlangsung hingga Sabtu (8/10/2022).

Insomnia Theater Movement mengangkat tema Max Arifin dan teater, dimana menceritakan kisah tentang Putri Mandalika yang merupakan kisah asli dari daerah NTB dan pertama kali dibuat menjadi pagelaran teater. 

Ketua Dekranasda NTB, Niken Saptarini Zulkieflimansyah memberikan apresiasi pada pagelaran teater on stage ini karena dapat dinikmati oleh berbagai kalangan dan dikemas dalam balutan kisah legenda di Nusa Tenggara Barat. 

"Hasilnya memang luar biasa, kita bisa memahami apa yang dirasakan oleh putri Mandalika semasa hidupnya sehingga disini kita bisa mengetahui pergulatan batinnya, dan akhirnya kita bisa melihat bahwa putri Mandalika memang seorang putri yang lebih memilih cinta kepada masyarakatnya daripada perpecahan yang akan terjadi" ujar Niken, Kamis (6/10/2022). 

Pagelaran on stage sendiri diselenggarakan setiap tahun dengan beberapa konten termasuk diskusi yang dilakukan untuk memberikan ruang dan kesempatan bagi komunitas kreatif dalam sharing dengan pegiat-pegiat teater lainnya. 

Niken juga menyampaikan bahwa, pemerintah Provinsi NTB telah menyiapkan fasilitas untuk belajar mengenai dunia teater bagi para pemula dan sineas theater lainnya. 

"Pemprov menyediakan fasilitas seperti tempat dan ruangan untuk belajar dan tentunya harapannya setiap tahun bisa berlangsung dan di dukung oleh masyarakat" ungkapnya.  

"Kalau dalam sektor industri dunia theater mungkin hampir sama dengan perfilman artinya bisa menjadi salah satu sarana untuk sosialisasi tentang program-program industrialisasi yaitu membuktikan rasa cinta kepada produk daerah dan tentunya kebanggaan kita munculnya pelaku-pelaku industri di theater" tambahnya. 

Pada on stage Theater 2022 ini, melibatkan pegiat theater profesional untuk menyampaikan semangat ekspresi dan pembuktian diri atas karya-karyanya di bidang theater dengan adanya special performance dari pegiat theater yang tersebar di seluruh NTB.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in