Ketemu Xi Jinping di Bali, Biden: Takkan Ada Perang Dingin Baru

Nusantaratv.com - 15 November 2022

Presiden AS Joe Biden saat tiba di Bali.
Presiden AS Joe Biden saat tiba di Bali.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menegaskan takkan ada perang dingin baru dengan China. Biden pun percaya dalam waktu dekat tidak ada upaya China menyerang Taiwan.

Biden berbicara soal perang dingin itu saat sesi tanya jawab dengan wartawan menjelang KTT G20 Bali. Seorang wartawan bertanya apakah Biden percaya perang dingin baru dengan China dapat dihindari, khususnya tentang masalah Taiwan.

Di samping itu, wartawan juga bertanya apakah China sedang bersiap untuk menyerang Taiwan dan apakah Biden mengeluarkan peringatan khusus untuk China.

"Saya benar-benar percaya tidak akan ada Perang Dingin baru. Saya tidak berpikir ada upaya segera dari pihak China untuk menyerang Taiwan," jawab Biden. 

Biden pun menyatakan bahwa dia telah menjelaskan kebijakan AS terhadap Taiwan tidak berubah sama sekali dan AS ingin melihat masalah 'diselesaikan secara damai'. Biden dan Presiden China Xi Jinping telah melakukan pertemuan tatap muka pertama di Bali tadi siang.

"Saya yakin (Xi Jinping) mengerti persis apa yang saya katakan," kata dia.

Biden mengatakan AS adalah negara dengan posisi terbaik di dunia untuk menghadapi perubahan ekonomi dan politik. Biden menjelaskan bahwa dia dan Xi Jinping sepakat anggota kabinet mereka akan bertemu untuk membahas banyak masalah yang telah dibahas hari ini.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close