Kereta Cepat Mau Operasi 18 Agustus, Tapi Sampai Saat Ini Kemenhub Belum Keluarkan Izin

Nusantaratv.com - 04 Agustus 2023

Kereta cepat Jakarta-Bandung. (Net)
Kereta cepat Jakarta-Bandung. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Kementerian Perhubungan mengakui izin operasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung belum diterbitkan. Menurut Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal, proses izin operasi masih berjalan.

Kementerian Perhubungan masih melakukan uji coba dinamis sarana perkeretaapian Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

"Kereta izin masih berjalan, prosesnya masih uji coba, hari ini kita masih uji coba dinamis untuk sarananya," kata Risal ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (4/8/2023).

Risal mengatakan tak akan ada izin operasi sementara yang bisa dikeluarkan bila Kereta Cepat Jakarta-Bandung mau beroperasi mengangkut penumpang bila izin operasi belum diterbitkan.

"Kita tunggu ya, kalau semuanya berjalan baik, kita akan keluarkan izin operasinya," kata Risal.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah bisa dijajal per 18 Agustus dalam rangka soft operation. Nantinya, tarif bakal gratis sejak soft operation pada 18 Agustus hingga Oktober.

Budi menyebut penumpang yang bakal menikmati tarif gratis KCJB akan dipilih. Sayangnya dia tidak merinci siapa saja yang bisa mencoba tarif gratis itu.

"(18 Agustus) soft operation, uji coba. Penumpang belum ditetapkan tarif, gratis sampai Oktober, tapi penumpangnya akan dipilih," ujarnya di Stasiun KCIC Halim, Jakarta Timur, Kamis (22/6/2023). 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close