Kerap Dicibir Saat Latihan, Siswi Difabel di Bandung Jadi Atlet Hingga Mampu Lawan Atlet Normal

Nusantaratv.com - 23 Juni 2022

Nia saat bertanding dalam kejuaraan Voli piala Kapolresta Bandung
Nia saat bertanding dalam kejuaraan Voli piala Kapolresta Bandung

Penulis: Saifal Ode | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com -- Sudah menjadi hal biasa jika penyandang disabilitas tampil dalam laga olahraga seperti peparda atau peparnas.

Namun berbeda halnya dengan Nia Ramadani, siswa SMK kelas 10 asal Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Nia menjadi atlet voli di tingkat kabupaten Bandung, dan mampu bermain bersama atlet umum dan melawan atlet normal yang tidak memiliki kekurangan seperti dirinya.

Keterbatasan pada kakinya tidak menjadi halangan bagi Nia untuk berprestasi, bahkan menyamai atlet pada umumnya.

Sebelumnya Nia kerap mendapat cacian dari rekan-rekannya saat latihan, namun orangtuanya terus memberikan semangat, hingga Nia mampu mengikut berbagai pertandingan di tingkat kecamatan dan desa.

"Belajar voli dari kelas 5 SD, awal-awalnya malu sering dicaci, kata orang tua, orang lain bisa kamu juga pasti bisa," kata Nia sambil meneteskan air mata, Kamis, (26/6/23).

Nia tak patah semangat dengan cacian tersebut, justru jadi cambuk untuk terus semangat.

"Saya memang punya kekurangan tapi saya akan menunjukan bahwa saya juga bisa seperti orang lain," tutur Mia.

Sementara menurut pelatih Nia siswa kelas 10 tersebut harus menempuh perjalanan puluhan kilo dari perbatasan Cianjur dan Ciwidey untuk berlatih voli, kemauan yang tinggi menjadikan pelatih mengikutkan dalam pertandingan tingkat kabupaten Bandung ini.

"Perjuangan Nia untuk latihan itu cukup berat, harus menempuh jarak 30 kilo meter dan banyak tantangan lain, seperti dihadang hewan buas, pernah Nia bilang, pa saya dipegat sambil divideoin hewan buasnya seperti harimau," ujar Ruhyat pelatih Nia.

Bagi rekan-rekan Satu timnya saat ini, Nia merupakan sosok yang inspiratif, kekurangannya tidak jadi halangan untuk berprestasi.

"Bangga se team sama Nia, dia punya kekurangan tapi mau ngejar bola, semangatnya Tinggi," kata Naswa rekan satu tim Nia.

Nia cacat pada kaki sejak lahir. Kini dirinya bercita-cita bisa berlaga dalam proliga.

Pertandingan yang diikuti Nia merupakan kejuaraan Voli Piala Kapolresta Bandung yang diikuti oleh belasan tim.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close