Kementerian Investasi Gandeng Legislator Sondang Tampubolon Sosialisasikan Roadmap Hilirisasi

Nusantaratv.com - 26 Agustus 2023

Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Sondang Tampubolon
Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Sondang Tampubolon

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Sondang Tampubolon menggelar acara Diseminasi Publik Peta Jalan (Roadmap) Hilirisasi Investasi Strategis Tahun Anggaran 2023 yang diselenggarakan di Rumah Aspirasi Sondang Tampubolon, Jakarta Timur, Sabtu (26/08/2023).

Pada kegiatan ini, Sondang Tampubolon mengajak masyarakat khususnya warga dari Kelurahan Kayu Putih, untuk bersama-sama mewujudkan hilirisasi industri sebagai nilai tambah pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA).

"Saya hari ini meminta Kementerian Investasi untuk datang di daerah pemilihan saya di Jakarta Timur khususnya di Kelurahan Kayu Putih, untuk memberikan informasi dan sosialisasi tentang apa yang dikerjakan pemerintah khususnya Kementerian Investasi dan roadmap peta jalan investasi yang ada di Indonesia, salah satunya adalah sesuai dengan pidato Presiden Jokowi tanggal 17 Agustus lalu," jelas Sondang Tampubolon.

Sondang mengungkapkan bahwa
 Indonesia memiliki sumber daya alam (SDA) yang sangat luar biasa dan bisa menjadi manfaat bagi masyarakat melalui hilirisasi industri.

"Saat ini Indonesia sedang masuk dalam hilirisasi mineral dan batubara. Karena kita memiliki sumber daya alam yang luar biasa banyaknya tetapi kita tidak hanya ingin menjual sumber daya alam tersebut secara mentah, tidak hanya menjual tanah dan bumi tapi kita bagaimana bisa memberikan nilai tambah dan manfaat kepada masyarakat melalui hilirisasi ataupun bentukan industri-industri yang berada di bawahnya," ungkap Sondang.

Namun, Sondang sangat menyayangkan karena masih banyak masyarakat yang tidak mengerti dengan adanya program pemerintah soal hilirisasi industri. Untuk itu, Sondang juga memastikan akan meminta Kementerian Investasi melakukan sosialisasi soal hilirisasi mineral dan batu bara.

"Masyarakat sangat luar biasa, tapi masih banyak sekali masyarakat yang tidak mengerti tentang program pemerintah, hilirisasi mineral dan batu bara. Oleh karenanya Saya pasti akan meminta kepada Kementerian Investasi untuk terus melakukan diseminasi atau sosialisasi di seluruh wilayah khususnya di dapil saya di Jakarta Timur, walaupun memang Jakarta Timur ini tidak ada sumber daya alam yang bisa digali atau dimanfaatkan oleh masyarakat," ujarnya.

Selain itu, program sosialisasi pemerintah soal hilirisasi mineral dan batu bara ini juga bisa sebagai bekal generasi muda dalam menyambut roadmap negara Indonesia dimasa depan agar tidak selalu menggunakan tenaga kerja asing.

"Saya juga meminta kepada masyarakat persiapkan anak-anaknya supaya bisa masuk ke dalam hilirisasi industri ini kalau mereka tidak mengerti mereka tidak akan bisa mempersiapkan generasi mudanya ke arah mana sebenarnya Indonesia ini akan berjalan. Saat ini kita masih menyerap tenaga kerja Asing karena memang secara jujur sumber daya manusia di Indonesia belum terlalu siap terhadap hilirsasi industri ini, tapi sosialisasi ini dilakukan dalam rangka penyiapan sumber daya manusia untuk masa depan Indonesia," jelasnya.

"Kita harapkan sosialisasi ini membuat percepatan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia, baik itu di Indonesia timur maupun di Indonesia Barat tidak hanya di Jawa saja dan tentunya ini jangka panjang," pungkasnya.

​​​​​

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close