Kemenhub Gelar Mudik Gratis Sepeda Motor Pakai Kapal Laut

Nusantaratv.com - 15 Maret 2024

Ilustrasi - Seseorang melintas di antara dua orang yang sedang mengeluarkan dua motor dari kapal laut. (Foto: ANTARA/HO-Humas Kemenhub)
Ilustrasi - Seseorang melintas di antara dua orang yang sedang mengeluarkan dua motor dari kapal laut. (Foto: ANTARA/HO-Humas Kemenhub)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menggelar program Angkutan Mudik Gratis dalam rangka menyambut Lebaran tahun 2024. Program ini untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pemudik yang cenderung menggunakan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor.

Dalam pernyataannya, Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, Pada Kamis (29/2), mengajak masyarakat bergabung dalam program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan. Selain penumpang, sepeda motornya juga akan kami angkut secara gratis, sehingga bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan.

Namun, Adita juga memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor karena potensi kecelakaannya yang tinggi. Ia berharap masyarakat dapat menggunakan transportasi umum atau memanfaatkan program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Kemenhub.

Program Mudik Gratis tersedia melalui jalur darat, laut, dan kereta api. Untuk jalur darat, Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat menggelar program "Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dan Truk", dengan pendaftaran melalui aplikasi Mitra Darat mulai 5 Maret hingga 3 April 2024. Sedangkan untuk jalur laut, Ditjen Perhubungan Laut menyelenggarakan program "Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut", dengan kuota untuk 9.800 penumpang dan 4.800 unit sepeda motor, pada tanggal 3 hingga 17 April 2024. Dan di jalur kereta api, Ditjen Perkeretaapian mengadakan program "Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kereta Api", dengan tiket dapat diperoleh mulai 4 Maret hingga 18 April 2024.

Adita juga berharap agar semakin banyak kementerian, lembaga, BUMN, perusahaan swasta, serta pihak lainnya yang turut menyelenggarakan program mudik gratis. Hal ini diharapkan dapat mengurangi jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor, sehingga dapat menurunkan angka kecelakaan dan kepadatan di jalan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close