Kemenhub Ancam Cabut Izin Operasional Perusahaan Angkutan yang Jual Tiket Bus di Atas Harga Wajar saat Mudik Lebaran 2022

Nusantaratv.com - 08 April 2022

Para pemudik menggunakan angkutan bus/ist
Para pemudik menggunakan angkutan bus/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Dirjen Perhubungan Darat mengancam akan memberikan surat peringatan hingga pencabutan izin bagi mitra yang melanggar aturan dengan menjual tiket bus di atas harga wajar saat mudik Lebaran 2022.

Pihaknya juga akan menindak tegas oknum penjual tiket bus atau kendaraan di atas batas harga normal.

"Untuk terkait harga tiket bus memang sudah kita atur, kita telah mengatur ketentuan di dalam bus premium tarif atas. Mereka tidak boleh melebihi dari batas yang telah kita tentukan atau dari batasnya," kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, Jumat (8/4/2022). 

Budi mengatakan Kemenhub sedang memantau sejumlah Event organizer (EO) dalam melakukan trip kendaraan dengan sejumlah penawaran.

Baca juga: Jangan Sampai Kehabisan! Tiket Kereta Mudik Lebaran 2022 Sudah Dijual

"Pemerintah khususnya Kemenhub tengah menyoroti bus pariwisata yang saat ini telah dikoordinir oleh sejumlah EO atau event organizer. Jadi mereka ada yang mengkoordinasi dengan tarif bus yang mahal ya macam-macam pelayanan sebagainya," ungkap dia.

"Saya sudah sampaikan kemarin kepada petugas bus pariwisata. Janganlah demikian karena sangat merusak tatanan dan efek keselamatan pun tidak terjamin," imbuhnya, mengutip okezone.

Kemenhub menghimbau kepada masyarakat untuk jangan tergiur dengan penawaran-penawaran mudik oleh diselenggarakan bukan dari operator tapi penyelenggara EO yang ilegal dan tak berizin.

"Tentu akan kami tindak dan akan koordinasi dengan pihak kepolisian. Saya sudah sampaikan oknum yang memainkan harga tiket itu kan operator ada SP 1 SP 2 hingga cabut izinnya kalau operatornya tidak jelas kalau itu perusahaan perusahaannya baru (pemain baru) saya minta polisi bertindak," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close