Kemendikbudristek Pantau Akses Pendidikan Bagi Terdampak Gempa Cianjur

Nusantaratv.com - 22 November 2022

Fasilitas pendidikan yang terdampak gempa Cianjur.
Fasilitas pendidikan yang terdampak gempa Cianjur.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Kemendikbudristek berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, guna memastikan akses pendidikan pasca wilayah itu diguncang gempa berkekuatan magnitudo 5,6. 

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim mengatakan, pihaknya telah meminta pemda setempat untuk mengidentifikasi jumlah pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, dan fasilitas pendidikan yang terdampak gempa.

"Saat ini kami tengah berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat. Kami akan tindaklanjuti sesuai dengan informasi resmi yang kami terima," ujar Nadiem, Senin (21/11/2022). 

Dari hasil identifikasi, Nadiem menyebut akan melakukan langkah-langkah cepat untuk membantu para pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik serta fasilitas pendidikan yang terdampak gempa.

Nadiem pun menyatakan Kemendikbudristek turut prihatin atas musibah yang terjadi di Cianjur.

"Kemendikbudristek akan mengambil langkah cepat dalam membantu pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik serta fasilitas pendidikan yang terdampak agar akses terhadap pendidikan tetap tersedia," kata dia.

Diketahui, bencana alam gempa bumi berkekuatan M 5,6 yang terjadi pada Senin (21/11/2022) siang pukul 13.21 WIB berpusat di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Gempa menyebabkan kerusakan pada berbagai fasilitas umum, termasuk fasilitas pendidikan.

BNPB mencatat mencatat sebanyak 343 rumah rusak. Selain itu, kerusakan juga terjadi pada satu unit bangunan pondok pesantren, satu RSUD, empat gedung pemerintah, tiga fasilitas pendidikan, satu unit sarana ibadah, satu unit toko, dan satu unit kafe.

"Dan ada jalan terputus di sekitar tapal kuda," tandas BNPB.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close