Kelurahan Baleharjo Ditetapkan Sebagai Kampung Pancasila

Nusantaratv.com - 05 April 2022

Simbolis penetapan Kalurahan Baleharjo sebagai kampung Pancasila.
Simbolis penetapan Kalurahan Baleharjo sebagai kampung Pancasila.

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Dengan melihat sosial masyarakat Kalurahan Baleharjo  yang heterogen mampu mewujudkan kerukunan masyarakat di tengah arus modernisasi telah ditetapkan sebagai Kampung Pancasila oleh Kodim 0730/GK, Selasa (5/4).

Simbolis penetapan Kalurahan Baleharjo sebagai kampung Pancasila dilaksanakan di Balai Kalurahan setempat.

“Di tetapkannya kalurahan ini karena masyarakat bisa betul- betul memahami dan menjalankan Pancasila” kata Anton Komandan Kodim 0730/GK.

Semoga bisa sebagai embrio atau contoh untuk daerah lain di Gunungkidul, tambahnya.

Dengan kuatnya penerapan nilai-nilai Pancasila yang di lakukan  masyarakat di kehidupan sosial dapat menguatkan ideologi  sehingga ancaman-acaman yang mengganggu dapat dihindari.

Kalurahan Baleharjo yang di tetapkan sebagai kampung moderasi beragama, dengan kerukunan yang tercipta di tengah masyarakat multikultur atau heterogen, dan mampu beradaptasi dengan menjaga kerukunan dan kesatuan di tengah kerasnya penyebaran ideologi - ideologi dan proxy war, kata Bupati dalam launching Kalurahan Baleharjo sebagai Kampung Pancasila.

Atas nama pemerintah kabupaten mengucapkan terimakasih kepada Kodim 0730/GK dan selamat kepada Kalurahan Baleharjo yang di jadikan tempat launching sekaligus di tetapkan sebagai Kampung Pancasila, semoga akan semakin baik dan menjadi contoh wilayah lainya. 

Kriteria kalurahan dapat di tetapkan sebagai Kalurahan Pancasila dengan  melihat desa sebagai implementasi nilai Pancasila dan penerapan Pancasila dalam kehidupan masyarakat, toleransi agama dan tidak ada konflik.
Dengan di tetapkan Kalurahan Pancasila mampu mewujudkan keberagaman sehingga dapat menciptakan suatu media pembelajaran dalam kehidupan masyarakat  dan dapat menanamkan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika dan  Pancasila.

Sunaryanta mengatakan, masyarakat masih sangat kurang dalam pemahaman Pancasila meskipun secara materi sudah mencukupi, yang terpenting bagaimana aplikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sosial masyarakat

“Dengan perbedaan itu harus saling rukun dan mendukung”, pungkas bupati  

Lurah Agus Sukistyo sangat mengapresiasi dengan di pilihnya  Kalurahan Baleharjo sebagai tempat simbolis pencanangan Kampung Pancasila. Semoga dengan dukungan seluruh pihak kerukunan terus akan tercipta dan akan semakin baik.

“Ini menjadi penyemangat warga masyarakat dalam menciptakan kerukunan” katanya

Hadir dalam acara tersebut Bupati H.Sunaryanta, Komandan Kodim 0730/GK Letkol.Kav.Anton Wahyudo, Kepala Kesbangpol Johan Eko Sudarto, S.Sos, MH, Kapolres, Kepala Kementerian Agama Saban Nuroni,MA, Tokoh Masyarakat dan Ormas.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close