Kelompok Petani Binaan Bank NTT Sukses Menggelar Panen Jagung Program TJPS

Nusantaratv.com - 19 April 2022

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat bersama Bupati Manggarai Timur, Andreas Agas melaksanakan kegiatan panen jagung di desa Compang Ndejing, Kabupaten Manggarai Timur pada Sabtu (16/4/2022). Foto (istimewa)
Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat bersama Bupati Manggarai Timur, Andreas Agas melaksanakan kegiatan panen jagung di desa Compang Ndejing, Kabupaten Manggarai Timur pada Sabtu (16/4/2022). Foto (istimewa)

Penulis: Gabrin

Nusantaratv.com - Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat menggelar kunjungan kerja di desa Compang Ndejing Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur pada Sabtu (16/4/2022)

Dalam kunjungan kerja tersebut Gubernur didampingi kepala Dinas Provinsi dan Direktur Bank Pembangunan Daerah (BPD) NTT dan jajarannya serta Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas melakukan panen jagung secara simbolis di lahan milik para petani yang tergabung dalam kelompok binaan Bank NTT sebagai mitra pemerintah.

Setelah melaksanakan panen jagung secara simbolis, Gubernur NTT menggunting pita sebagai pertanda pelepasan kendaraan pengangkut jagung biji yang akan di kirim ke pulau Jawa.

Gubernur Laiskodat dalam sambutannya mengatakan  pemerintah provinsi NTT memiliki banyak program, salah satunya program Tanam Jagung Panen Sapi atau TJPS.

Program TJPS sendiri bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang selama ini selalu didatangkan dari Pulau Jawa.

"Setiap Tahun NTT keluarkan uang sebesar satu triliun untuk membeli pakan ternak yang ada di Pulau Jawa. Nilainya cukup besar. Kita ingin supaya satu triliun itu tidak pergi lagi dengan cara membangun pabrik pakan ternak sendiri," ujar Laiskodat.

Lebih jauh Laiskodat menjelaskan, limbah pertanian tidak pernah digunakan untuk pakan ternak, hal itulah yang membuat ternak stunting.


"Limbah pertanian seperti batang jagung dapat digunakan untuk pakan ternak, kedepannya melalui dinas perindustrian kita siapkan mesin pengolah limbah pertanian menjadi pakan ternak," pungkasnya.

Laiskodat pun meminta Pemda Manggarai Timur untuk menyiapkan lahan untuk ditanami jagung. Dengan Demikian, rencana untuk mendirikan pabrik pakan ternak di NTT bisa direalisasikan.

" Tidak ada kata lahan tidur. Kalau ada lahan tidur, berarti orangnya tidur," tuturnya.

Kunjungan Gubernur NTT ke Desa Compang Ndejing turut diramaikan dengan pameran hasil kerajinan tangan dari pelaku UMKM binaan Bank NTT.

Dalam kesempatan itu, Bank NTT bersama Pemda Manggarai Timur menandatangani akta pinjaman daerah sebesar 150 Miliar sebagai wujud nyata kepedulian Bank NTT dalam mendukung percepatan pembangunan Infrastruktur dan pariwisata yang ada di Kabupaten Manggarai Timur.

Selain itu, Bank NTT menyerahkan secara simbolis Kredit Mikro Merdeka kepada 5 orang pelaku UMKM yang ada di Desa Compang Ndejing.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close