Kelompok Bersenjata Kongo Lakukan Serangan: 15 Orang Tewas Ditembak dan Digorok

Nusantaratv.com - 19 Februari 2024

Ilustrasi. (Reuters)
Ilustrasi. (Reuters)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Sebanyak 15 orang dilaporkan tewas di provinsi Ituri, Republik Demokratik Kongo. Mereka tewas dalam serangan yang dilakukan kelompok bersenjata Cooperative for the Development of the Congo atau CODECO.

Serangan terjadi pada Sabtu (17/2/2024) waktu setempat. Milisi CODECO mengincar warga dari suku saingannya, Hema.

"Pejuang CODECO menyergap pengguna jalan dekat desa Tali di mana mereka menghentikan 15 orang termasuk seorang wanita pada Sabtu sore," ujar pemimpin masyarakat sipil wilayah Djugu, Jules Tsuba, mengutip AFP Senin (19/2/2024). 

Para anggota milisi CODECO mengikat dan melepaskan pakaian para korban. Korban tewas mengalami luka di leher serta luka tembak.

"Beberapa korban digorok lehernya. Yang lain ditembak mati," ucap Jules.

Ruphin Mapela, administrator wilayah, memastikan jumlah korban tewas sebanyak 15 orang. Serangan terjadi pasca berbulan-bulan perdamaian. CODECO termasuk di antara beberapa kelompok bersenjata Kongo yang menandatangani perjanjian damai tahun lalu setelah perundingan di Nairobi.

CODECO ialah satu dari banyak kelompok bersenjata yang beroperasi di wilayah kaya mineral yang bergolak tersebut. CODECO merupakan milisi yang mengklaim melindungi komunitas Lendu dari kelompok etnis lain, Hema, dan tentara.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close