Kejagung Lantik 29 Orang Jadi Anggota Satgas Intelijen Khusus, Ini Tugasnya..

Nusantaratv.com - 04 Maret 2024

Pelantikan Satgas SIRI Kejaksaan.
Pelantikan Satgas SIRI Kejaksaan.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Sebanyak 29 orang dilantik Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel) Kejaksaan Agung (Kejagung) Reda Manthovani, menjadi anggota Satuan Tugas (Satgas) Intelijen Reformasi Inovasi (SIRI) Kejaksaan. Satgas SIRI merupakan tim yang berperan dalam memperbaiki efisiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas pokok dan fungsi intelijen Kejaksaan. 

Satgas SIRI dibentuk secara khusus guna memenuhi kebutuhan analisa data dan informasi intelijen yang bersifat penting serta mendesak. Karena itu, surat penugasannya ditandatangani langsung oleh Jamintel. 

"Keberadaan Satgas SIRI harus bersinergi dan mendukung tugas pokok dan fungsi lima direktorat teknis di bawah Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen. Seluruh mekanisme kerja agar disusun untuk memastikan setiap output dari kegiatan diserahkan kepada direktorat teknis sebagai tindak lanjut pelaksanaan bidang tugas masing-masing," ujar Reda saat pelantikan dan pengambilan sumpah di kantornya, Jakarta, Senin (4/3/2024). 

Dalam menjalankan tugasnya, Satgas SIRI bertanggung jawab langsung kepada Jamintel atau Sekretaris Jaksa Agung Muda Intelijen.

Melalui pelantikan ini, Reda berharap Satgas SIRI dapat memenuhi kualifikasi dasar tertentu, bertalenta atau berkarakter intelijen. Selain kualifikasi tersebut, sumber daya manusia (SDM) Satgas SIRI juga wajib memegang teguh nilai dasar yang salah satunya skill atau science. 

Satgas SIRI, kata dia, dituntut untuk selalu berupaya meningkatkan wawasan, pemahaman, dan pengetahuannya guna meningkatkan kemampuan serta keterampilannya. 

Mereka juga harus responsif, artinya personel Satgas harus cepat memberikan reaksi terhadap situasi yang berkembang. Intelijen, kata dia, tidak boleh ketinggalan informasi dan harus lebih cepat, tetapi harus akurat dalam memperoleh informasi daripada pihak-pihak lainnya. 

"Lalu simpatik, yaitu melakukan penggalangan dengan pendekatan ramah yang jauh dari kesan intimidatif," kata Reda. 

"Selanjutnya kreatif, dalam pengertian personel Satgas harus kaya akan ide, tidak pernah kehabisan akal dalam menghadapi dan menyelesaikan berbagai masalah," sambungnya. 

Kemudian, strength, yang mengisyaratkan bahwa personel Satgas haruslah memiliki kekuatan. Kuat dalam memegang komitmen, kukuh dalam menjaga disiplin diri, teguh dalam pendirian, loyalitas, kesetiaan dan kejujuran, serta mampu menjaga kerahasiaan yang dapat dipertanggungjawabkan pada setiap waktu.

"Satgas SIRI harus mampu memanfaatkan perangkat teknologi Intelijen pencitraan, Intelijen geospasial, dan Intelijen sinyal yang dibutuhkan untuk mendukung pencarian informasi dan data. Pemanfaatan teknologi intelijen saat ini perlu lebih dioptimalkan," jelas Reda. 

"Selamat bertugas kepada Satuan Tugas Intelijen Reformasi Inovasi Kejaksaan. Saya yakin penugasan ini akan semakin memberikan nilai tambah dan manfaat bagi kemajuan institusi Kejaksaan," lanjut dia.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close