Kedutaan Ukraina Diteror, Dikirimi Bom hingga Mata Hewan

Nusantaratv.com - 03/12/2022 10:04

Pengunjuk rasa memegang spanduk dan plakat selama protes, setelah Rusia melancarkan operasi militer besar-besaran terhadap Ukraina, di Madrid, Spanyol, 25 Februari 2022. (Reuters)
Pengunjuk rasa memegang spanduk dan plakat selama protes, setelah Rusia melancarkan operasi militer besar-besaran terhadap Ukraina, di Madrid, Spanyol, 25 Februari 2022. (Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Kedutaan Besar Ukraina di sejumlah negara mendapatkan teror. Mereka dikirimi bom hingga paket berisi bagian tubuh hewan.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba menyebut serangkaian surat yang berisi bahan peledak atau bagian tubuh hewan dimaksudkan untuk meneror diplomat Ukraina di seluruh dunia. 

"Kampanye ini ditujukan untuk menyebarkan ketakutan," kata Kuleba, seperti dikutip dari CNN International, Sabtu (3/12/2022).

Dia mengungkapkan ada 17 kasus kedutaan yang menerima bom surat, surat bom palsu, atau surat yang mengandung bagian dari hewan, seperti mata sapi dan babi.

"Itu dimulai dengan ledakan di kedutaan Ukraina di Spanyol. Tapi yang terjadi setelah ledakan ini lebih aneh, dan saya bahkan akan mengatakan sakit," tambahnya.

Dan ketika ditanya siapa yang menurutnya ada di balik surat itu, Kuleba mengatakan, "Saya merasa tergoda untuk mengatakan, langsung menyebutkan Rusia, karena pertama-tama Anda harus menjawab pertanyaan, siapa yang diuntungkan?"

"Mungkin respons teror ini adalah jawaban Rusia atas kengerian diplomatik yang kami ciptakan untuk Rusia di arena internasional, dan inilah cara mereka mencoba melawan saat mereka kalah dalam pertempuran diplomatik yang sebenarnya satu demi satu," imbuh Kuleba.

Sedangkan penyidik belum membuat pernyataan apapun tentang orang atau kelompok di balik surat tersebut. Kuleba menambahkan bahwa menurutnya Rusia bertanggung jawab secara langsung, atau seseorang "yang bersimpati (dengan) perjuangan Rusia dan mencoba menyebarkan ketakutan."

"Kesimpulan akan dibuat oleh penyelidik, tapi saya pikir kedua versi ini paling masuk akal," jelasnya.

Sebelumnya, seorang anggota staf kedutaan Ukraina di Madrid terluka ringan pada Rabu (30/11/2022) setelah memegang sebuah amplop yang meledak di tangannya. Ukraina juga telah menempatkan semua kedutaan dan konsulat di luar negeri di bawah langkah-langkah keamanan yang ditingkatkan.

Pekan ini, kedutaan Ukraina di Hungaria, Belanda, Polandia, Kroasia, Italia, Austria, konsulat jenderal di Naples dan Krakow, serta konsulat di Brno telah menerima paket berdarah yang berisi mata hewan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in