Kedutaan Besar Arab Saudi di Indonesia: Hanya Perusahaan yang Bisa Pekerjakan ART Asal Indonesia

Nusantaratv.com - 04 Maret 2022

Ilustrasi. (Saudi Gazette)
Ilustrasi. (Saudi Gazette)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Kedutaan Besar Arab Saudi di Indonesia mengatakan kedua negara sedang menjajaki prospek melanjutkan perekrutan asisten rumah tangga (ART).

ART asal Indonesia tidak akan lagi direkrut oleh majikan langsung, tetapi akan dipekerjakan oleh perusahaan yang akan menempatkan mereka di pasar tenaga kerja Arab Saudi, seperti dilaporkan Al-Akhbar 24 mengutip sumber kedutaan.

"Jika kesepakatan dicapai antara kedua negara untuk melanjutkan perekrutan, akan ada ketentuan khusus dalam perjanjian bahwa para pekerja ini akan berada di bawah perusahaan dan bukan di bawah individu," kata kedutaan, dikutip dari Saudi Gazette, Jumat (4/3/2022). 

Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia dan Kementerian Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Sosial Saudi sedang melakukan studi mengenai hal ini, kata kedutaan, sambil menyangkal laporan tentang melanjutkan perekrutan pekerja Indonesia ke Kerajaan.

Kedutaan mendesak masyarakat untuk mendapatkan informasi dari sumber resmi yang otentik dan tidak mengikuti rumor. Beberapa bulan lalu, Duta Besar Saudi untuk Indonesia Issam Al-Thaqafi menyampaikan harapan agar Indonesia segera melanjutkan pengiriman ART ke Kerajaan setelah vakum selama delapan tahun.

Indonesia menangguhkan pengiriman ART ke Arab Saudi dan negara-negara lain di kawasan itu pada 2011 menyusul eksekusi seorang ART setelah dia dihukum karena membunuh majikannya di Saudi. 

Belakangan, Indonesia sepakat dengan Kerajaan dan negara-negara Timur Tengah lainnya untuk mengirim ART, namun karena pandemi Covid-19 membuat kedatangan mereka tertunda.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close