Ke Ukraina, Jokowi Dikawal 39 Pasukan Elite

Nusantaratv.com - 23 Juni 2022

Kopassus. (Net)
Kopassus. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) menerjunkan 39 orang pasukan elite guna melakukan pengawalan terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi)  saat menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kyiv, akhir Juni mendatang. 

Komandan Paspampres Mayjen Tri Budi Utomo menjelaskan, personel yang diterjunkan pernah ditempa di sejumlah pasukan elite TNI, seperti Kopassus, Denjaka, hingga Kopasgat.

"Kami juga sudah menyiapkan tim penyelamatan yang biasanya pada saat kegiatan tertentu kita tidak membawa, khusus ini kita membawa personel tersebut," ujar Tri, Kamis (23/6/2022).

"Kurang lebih 39 khusus dengan Paspampres saja," imbuhnya.

Ia mengungkapkan, para pasukan elite itu baru saja merampungkan latihan. Paspampres pun akan mengirim sepuluh orang di antaranya ke Kyiv hari ini untuk mempersiapkan kedatangan Jokowi.

Tri menyatakan, Jokowi dan para delegasi Indonesia akan dilengkapi rompi dan helm. Para pengawal pun dilengkapi senjata laras panjang.

Menurutnya situasi jelang pertemuan Jokowi dengan Zelensky cenderung aman. Ia memohon doa dan dukungan agar Paspampres bisa melaksanakan tugas mengawal Jokowi dengan lancar.

"Sementara mereka (Rusia) masih melakukan serangan ya memang di seputaran Donetsk itu saja. Jadi, alhamdulillah masih jauhlah dari Kyiv," kata dia. 

Diketahui, Jokowi berencana mengunjungi Ukraina dan Rusia akhir bulan ini. Kunjungan dilakukan usai Jokowi menghadiri pertemuan G7 di Jerman, mengutip CNNIndonesia.com. 

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan Jokowi akan menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Langkah itu diambil dalam upaya mendamaikan kedua negara.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])