KBRI Swiss: Pencarian Eril Terus Dilakukan Sampai Ketemu

Nusantaratv.com - 06 Juni 2022

Emmeril Khan Mumtadz alias Eril. (Instagram)
Emmeril Khan Mumtadz alias Eril. (Instagram)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Duta Besar Republik Indonesia untuk Bern, Muliaman Hadad menegaskan pencarian anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emeril Kahn Mumtadz (Eril) akan terus dilakukan hingga jasadnya ditemukan.

Pernyataan itu disampaikan kala konferensi pers virtual bersama perwakilan keluarga Eril, Elpi Nazmuzzaman di Bern pada Senin (6/6/2022). 

"Pihak kepolisian Swiss saat ini masih dan terus melakukan upaya-upaya yang optimal atas pencarian Eril," ujarnya. 

Pemerintah Bern, kata dia, memberi perhatian khusus atas pencarian ini dan berkomitmen untuk memastikan upaya-upaya pencarian akan terus dilakukan

"Proses pencarian akan terus dilakukan tanpa batas waktu yang dapat ditentukan. Artinya misi pencarian akan terus berlangsung hingga Eril ditemukan," jelas Muliaman. 

Sebelumnya, Eril hilang saat berenang di sungai Aare pada Kamis (26/5/2022) siang waktu setempat. Ia disebut terseret arus sungai yang cukup deras.

Menurut salah satu keluarganya, Eril tengah berada di Swiss untuk mencari sekolah dan beasiswa.

Upaya pencarian Eril memasuki hari ke-12. Area pencarian mencakup 29 kilometer, mulai dari titik terakhir Eril berada, wilayah Marzili. Lalu di pintu air Schwellenmaetteli dan Engehalde dengan menggunakan perahu.

Tapi, sampai sekarang proses itu belum menuai hasil. Kini, pencarian anak sulung RK itu menjadi prioritas pihak berwenang Swiss.

Dalam proses pencarian, pihak berwenang Swiss mengerahkan drone, penyelam, kapal, anjing pelacak, atau teknologi yang dianggap mampu membantu proses itu.

Muliaman juga menjelaskan, sejumlah kendala juga menghampiri petugas Swiss dalam mencari Eril. Mulai dari debit air hingga kondisi cuaca.

Menurut dia, sungai Aare adalah sungai yang sangat dinamis. Kondisi di area ini sewaktu-waktu bisa berubah bergantung dengan dalam.

Muliaman berharap Eril bisa segera ditemukan melihat musim panas yang akan tiba di Swiss, dan diharapkan mempermudah proses pencarian

"(Saat) musim panas, intensitas aktivitas pengunjung sepanjang sungai Aare akan bertambah, peningkatan dinamika air dan manusia juga akan berkontribusi dalam proses pencarian," kata diplomat tersebut. 

Proses pencarian Eril di Bern melibatkan sejumlah unit. Mulai dari polisi sungai atau maritim, polisi nasional dan petugas pemadam kebakaran di antaranya polisi sungai, polisi medis, dan pemadam kebakaran.

Pencarian ditempuh dengan berbagai metode, termasuk drone, kapal, serta penyelaman.

Proses yang tak kenal waktu tersebut membuat keluarga Eril menyampaikan terima kasih kepada pihak berwenang Swiss. Di samping itu, mereka juga berterima kasih kepada seluruh warga dan pihak-pihak yang telah mendoakan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close