Kawal Proyek IKN, KPK Bentuk Satgas

Nusantaratv.com - 30 Maret 2022

Presiden Jokowi saat kemah di titik nol IKN Nusantara.
Presiden Jokowi saat kemah di titik nol IKN Nusantara.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengungkapkan pihaknya membentuk satuan tugas (satgas) guna mengawal proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Ini disampaikan Firli kala rapat dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (30/4/2022). Dia menyampaikan, pihaknya telah melakukan kajian penataan ruang IKN.

"Sekaligus juga sampaikan KPK membentuk satgas dalam rangka mengawal terlaksananya program pembangunan IKN," ujarnya.

Nantinya kata Firli, pengawalan terhadap proyek pembangunan IKN tersebut akan dilakukan mulai dari persiapan, pemindahan, pemerintahan, hingga pemanfaatan aset yang merupakan milik negara.

"Mulai dari penyiapan, persiapan, pemindahan, pemerintahan, maupun pemanfaatan aset yang ada sebagai milik negara," tuturnya. 

Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono ditemani wakilnya Dhony Rahajoe diketahui sempat bertandang ke KPK di jalan Kuningan, Jakarta Selatan awal pertengahan Maret lalu. Kedatangan keduanya menyusul pernyataan KPK terkait dugaan pembagian kavling di lahan IKN.

Kala disinggung terkait dugaan pembagian kavling di lahan IKN, Bambang tidak menjawab tegas. Ia hanya berujar pertemuannya dengan KPK membahas seputar sistem pencegahan korups

"Utamanya ingin memastikan agar tata kelola nanti di otorita IKN dapat berlangsung bebas korupsi, dapat berlangsung dengan baik," ujar Bambang kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (21/3/2022).

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close