Katulampa Siaga 1, 11 Wilayah Jakarta Waspada Banjir

Nusantaratv.com - 09 Oktober 2022

Bendung Katulampa. (Net)
Bendung Katulampa. (Net)

Penulis: Maulana

Nusantaratv.com - Tinggi muka air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat mencapai 220 centimeter atau siaga satu. BPBD DKI Jakarta mengimbau warga yang berada di bantaran kali waspada, serta berhati-hati dengan potensi banjir.

"Diimbau kepada warga sepanjang bantaran sungai agar waspada dan berhati-hati terhadap bahaya banjir," ujar petugas BPBD DKI melalui akun Twitter-nya, Minggu (9/10/2022).

Berdasarkan data BPBD DKI, wilayah yang akan dilalui aliran sungai antara lain:

- Srengseng Sawah
- Pejaten Timur
- Rawa Jati
- Balekembang
- Pengadegan
- Cikoko
- Cawang
- Kebon Baru
- Bukit Duri
- Bidara Cina
- Kampung Melayu

Sebelumnya, hujan deras yang melanda kawasan Puncak, Kabupaten Bogor dan sebagian besar Kota Bogor mengakibatkan Sungai Ciliwung kembali meningkat. Saat ini, Tinggi Muka Air (TMA) Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa mencapai 220 Centimeter dan berstatus Siaga 1 Banjir.

"TMA Ciliwung pukul 19.16 WIB 220 centimeter, status Siaga 1," kata petugas jaga Bendung Katulampa Bogor Muhamad Subhan, Minggu (9/10/2022).

Subhan mengatakan, kenaikan TMA Sungai Ciliwung meningkat dengan cepat sejak sekitar pukul 18.00 WIB. Ketinggian Sungai Ciliwung yang semula hanya 60 centimeter dan berstatus siaga 4 pada pukul 16.00 WIB, meningkat menjadi 130 centimeter dan berstatus siaga 3 banjir pada pukul 18.25 WIB.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])