Kata GP Ansor Soal Banser Datangi Pengajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah

Nusantaratv.com - 23 Februari 2024

Syafiq Riza Basalamah. (Foto: Instagram @syafiqrizabasalamah_official)
Syafiq Riza Basalamah. (Foto: Instagram @syafiqrizabasalamah_official)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com.com - Pengajian di Masjid Assalam, Kecamatan Gunung Anyar, Kota Surabaya pada Kamis (22/2/2024) tidak dapat dilaksanakan akibat adanya penolakan terhadap kehadiran Ustaz Syafiq Riza Basalamah sebagai pembicara.

Keputusan ini diambil setelah organisasi masyarakat setempat menolak kehadiran Ustaz Syafiq Riza Basalamah, menyebabkan perdebatan antara panitia, anggota GP Ansor, dan Banser.

Ketua GP Ansor Cabang Gunung Anyar, Asyiqun, menyatakan bahwa Ustad Basalamah dikenal sebagai penceramah yang kontroversial, sering kali memprovokasi dan memecah belah, khususnya di kalangan umat Islam.

”Kami Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Satuan Koordinasi Rayon Banser Gunung Anyar Kota Surabaya keberatan atas kehadiran Ustaz Syafiq Riza Basalamah karena bersifat provokatif dan Adu Domba,” ujar Asyiqun dalam keterangan tertulis.

Penolakan ini berawal dari keberatan warga Nahdlatul Ulama (NU) setempat terhadap keputusan panitia pengajian Masjid Assalam untuk mengundang Ustaz Syafiq Riza Basalamah sebagai pembicara, meskipun sebelumnya telah ada kesepakatan untuk tidak mengundangnya.

Meskipun pihak kepolisian Sektor Gunung Anyar berusaha memediasi, akhirnya acara pengajian dibatalkan, tetapi penyelenggara tetap berupaya melanjutkan acara tersebut, yang kemudian memicu bentrokan antara beberapa anggota ormas dan jemaah yang mendukung Ustaz Syafiq Riza Basalamah.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close