Kasus Foto Bugil Alasan Body Checking, Polisi Bakal Periksa Finalis Miss Universe Indonesia

Nusantaratv.com - 11 Agustus 2023

Miss Universe Indonesia. (Net)
Miss Universe Indonesia. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Polisi masih menyelidiki kasus dugaan pelecehan terhadap finalis Miss Universe Indonesia 2023 yang difoto tanpa busana ketika body checking. Rencananya, polisi memanggil tujuh korban guna dimintai keterangan.

"Kurang lebih hampir ada tujuh saksi yang akan kita lakukan klarifikasi. Ini untuk jadwal tentu prosesnya masih secara simultan terus berlanjut dalam proses penyelidikan. Karena mengingat ada dari beberapa daerah tentu kita berkoordinasi dengan pelapor, Ibu Melissa (kuasa hukum). Tahap berikutnya adalah minggu depan kita lakukan klarifikasi tersebut," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, Jumat (11/8/2023).

Ia belum merinci kapan pastinya pemeriksaan akan dilakukan. Tapi, pemeriksaan dilakukan untuk mencari tahu duduk perkara kasus ini. 

Tujuh orang yang akan diperiksa pelan depan, yaitu CSI, CSM, NK, PRJ, MFR, ELI, DPR. Trunoyudo menjelaskan, mereka merupakan korban yang juga finalis dari Miss Universe Indonesia 2023.

"Ada tujuh ya tadi saya sampaikan ada CSI, CSM, NK, PRJ, MFR, ELI, DPR. Jadi ada tujuh orang. Tujuh orang ini sesuai dengan apa yang diklarifikasikan oleh kuasa hukum atau pelapor ini merupakan bagian daripada para finalis," kata dia. 

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi, menjelaskan dalam pemeriksaan nantinya, pihak kepolisian akan mendalami semua hal. Termasuk mendalami siapa yang patut jadi tersangka di kasus tersebut.

"Ini kan sifat pemeriksaan berkesinambungan. Nanti kita lihat siapa yang patut menjadi tersangka. Apakah ada pemaksaan, siapa yang memaksa, siapa yang memfoto, di mana fotonya, Apakah ada mens rea-nya, niat jahatnya. Itu secara komprehensif nanti kita akan periksa secara berkesinambungan," ujarnya, Jumat (11/8/2023).

Hengki mengatakan, sesi body checking tersebut dilakukan bukan oleh ahli di bidangnya. Selain itu, ada tiga pria dalam proses pelaksanaannya.

"Tempatnya juga sedikit terbuka, kemudian juga para korban ini merasa dipaksa melepas bajunya, kemudian difoto dan sebagainya. Bukan oleh ahli medis, melainkan orang-orang yang tidak berkapasitas," tuturnya.

Hengki mengatakan, usai kondisi korban stabil, pihak kepolisian akan segera melakukan pemeriksaan untuk mengetahui duduk perkara kasus yang ada.

"Oleh karenanya, dalam waktu dekat, kita akan periksa korban dulu, kemudian pelapor kita akan periksa. Apabila ini memenuhi delik ataupun perbuatan pidana, akan kita tindak lanjuti sampai menemukan siapa tersangkanya, itu yang pertama terkait dengan Miss Universe," tandasnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close