Kasus Covid-19 Melonjak, China Lockdown 3,6 Juta Warga di Perbatasan Vietnam

Nusantaratv.com - 07 Februari 2022

Pihak berwenang China memerintahkan lockdown di Kota Baise. (Rappler)
Pihak berwenang China memerintahkan lockdown di Kota Baise. (Rappler)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Pihak berwenang China memerintahkan penerapan lockdown (penguncian) di Kota Baise, wilayah barat daya yang berbatasan dengan Vietnam, mulai Senin (7/2/2022).

Dengan aturan tersebut, sekitar 3,6 juta orang di Baise diperintahkan untuk tetap tinggal di rumah. Pembatasan tersebut termasuk larangan perjalanan masuk dan keluar yang tidak dalam kondisi mendesak.

Pemerintah kota juga menangguhkan bisnis yang tidak penting, transportasi umum, dan sesi sekolah serta menunda pembukaan pelabuhan masuk di sepanjang perbatasan itu.

Tindakan itu diambil guna membatasi penyebaran Covid-19 di tengah gelaran Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 dan Tahun Baru Imlek, seperti dikutip dari Reuters, Senin (7/2/2022).

Baise, yang terletak di wilayah Guangxi, melaporkan 37 kasus Covid-19 yang ditularkan secara domestik dengan gejala, naik signifikan dari hanya enam kasus sehari sebelumnya, menurut data dari Komisi Kesehatan Nasional (National Health Commission/NHC).

Termasuk Baise, China melaporkan 45 kasus yang ditularkan secara lokal dengan gejala pada Minggu (6/2/2022), atau naik dari 13 kasus satu hari sebelumnya, menurut data NHC.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close