Kasum TNI Letjen Richard Tampubolon Bertemu Negosiator Pembebas Pilot Susi Air

Nusantaratv.com - 25 September 2024

Kasum TNI bertemu negosiator Pilot Susi Air (ANTARA)
Kasum TNI bertemu negosiator Pilot Susi Air (ANTARA)

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Letnan Jenderal TNI Richard Tampubolon bertemu Pejabat Bupati Nduga sekaligus anggota tim pendamping atau negosiator pembebasan pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens, Edison Gwijangge di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (24/9/24).

Dalam pertemuan itu, Richard menjelaskan, TNI mengedepankan pendekatan smart approach dan soft approach untuk membebaskan Philip.

Pendekatan itu dilakukan secara humanis melalui beragam upaya dialog. 

Meski demikian, petugas tetap bersiaga guna mengantisipasi adanya tindakan perlawanan dari pihak penyandera, yakni kelompok separatis OPM.

Richard menambahkan bahwa pembebasan pilot asal Selandia Baru itu bukan merupakan kerja individu TNI, melainkan berkat bantuan seluruh pihak.

Pembebasan Captain Pilot Susi Air Phillip Mehrtens. (Tangkapan layar X)

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pembebasan Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens ini. Semoga kedepannya Papua lebih aman dan kondusif dan tidak ada lagi senjata selain TNI Polri, karena selagi ada senjata masih bahaya, secara undang-undang pemegang senjata adalah TNI dan Polri,” kata Richard.

Kerjasama Semua Pihak

Pada kesempatan itu, Edison Gwijangge mengatakan bahwa pembebasan Pilot Philip merupakan kerja kemanusiaan yang harus diapresiasi.

"Bahwa pembebasan pilot ini merupakan hasil keterpaduan dari semua anak bangsa dan dilakukan secara persuasif. Pembebasan Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens atas dasar nilai dan prinsip kemanusiaan,” kata Edison. 

Dia berharap setelah momentum pembebasan Pilot Philip, wilayah Papua menjadi lebih aman dan kondusif.

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close