Karantina Pertanian Tekan Penularan Rabies dengan Suntik Vaksin Gratis

Nusantaratv.com - 19 Oktober 2022

Dokter Karantina Pertanian Banjarmasin menyuntikkan vaksin rabies kepada hewan peliharaan masyarakat. (ANTARA/Firman)
Dokter Karantina Pertanian Banjarmasin menyuntikkan vaksin rabies kepada hewan peliharaan masyarakat. (ANTARA/Firman)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Karantina Pertanian Banjarmasin, Kementerian Pertanian terus menekan penularan penyakit rabies di Kalimantan Selatan dengan pemberian suntik vaksin gratis terhadap anjing maupun kucing milik masyarakat.

"Seperti memperingati Hari Karantina Pertanian ke-145, kami menyuntikkan sebanyak 100 dosis vaksin rabies di Banjarmasin," kata Kepala Karantina Pertanian Banjarmasin Nur Hartanto di Banjarmasin, Rabu.

Dikatakannya tingkat kesadaran masyarakat pemilik hewan penular rabies baik anjing maupun kucing perlu terus didorong untuk memberikan vaksin rabies terhadap hewan peliharaannya.

Apalagi angka kematian akibat rabies di Indonesia masih cukup tinggi yakni per tahun bisa mencapai 100 kasus berdasarkan laporan Kementerian Kesehatan.

"Ini artinya rabies menjadi ancaman bagi masyarakat seiring kasus gigitan hewan masih terjadi," ujar dia.

Hartanto menegaskan Indonesia telah memiliki vaksin dan obat-obatan serta teknologi untuk memutus siklus salah satu penyakit tertua di dunia itu.

Untuk itu, dia mengajak masyarakat untuk turut menyukseskan rencana strategis global menghentikan kematian manusia akibat rabies pada tahun 2030.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kalsel Diauddin mengharapkan kabupaten dan kota yang belum memiliki rabies center agar segera membentuknya guna mencegah dan penanggulangan rabies lebih maksimal.

Dia mengatakan saat ini Indonesia menuju pada program pembebasan rabies yang menjadi kesepakatan nasional dan merupakan kerja sama Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertanian dan Kementerian Dalam Negeri.

"Pengendalian rabies harus diintensifkan dengan menggerakkan semua sumber daya untuk saling bersinergi dan berkolaborasi," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close