Kapok Macet Horor Merak, Pemudik Pilih Pulang Habis 9 Mei

Nusantaratv.com - 03 Mei 2022

Pelabuhan Merak. (Antara)
Pelabuhan Merak. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Kepadatan parah di Pelabuhan Merak saat mudik lebaran membuat sejumlah pemudik memilih pulang dari kampung halaman di atas tanggal 9 Mei. Mereka ingin terhindar dari kemacetan yang diprediksi terjadi pada 6, 7 dan 8 Mei, atau di puncak arus balik. 

Salah satunya Firmansyah yang sampai mengantre lima jam untuk naik kapal di Merak saat mudik. Ia kini memilih pulang tanggal 10 Mei.

"Biar enggak terjebak macet sama antrean kendaraan. Khawatir kejebak macet banget. Soalnya belajar dari yang kemarin, capek di jalan," ujarnya, Selasa (3/5/2022).

Ia mudik ke Lampung dari Jakarta pada 23 April lalu dengan menggunakan mobil pribadi. Semula perjalanannya lancar dari Kramatjati hingga Merak, Banten. Lalu lintas pun normal. 

Namun, ketika sudah tiba di Pelabuhan Merak, terjadi antrean panjang untuk masuk ke kapal.

"Jadi sampai Pelabuhan jam 8 pagi, tapi baru bisa masuk kapal jam 3 sore," katanya.

Ia menyebut masalah utamanya ada di pelabuhan, karena banyak pemudik yang datang lebih awal dari waktu yang ditentukan. Padahal, pada tiket yang dibeli online sudah tercantum jadwal masuk kapal. 

"Jadi mereka banyak yang nunggu di depan pintu masuk check in tiket dan enggak mau mundur, karena mereka mikir kalau mundur dan masuk sesuai jadwalnya, mereka bakal antre panjang banget. Jadi banyak kendaraan yang udah datang tepat waktu tertahan oleh mereka," jelasnya, mengutip CNNIndonesia.com.

Pemudik lainnya, Astrid, mengaku akan kembali dari kampung halamannya di Bengkulu, pada 12 Mei mendatang. Ia akan kembali ke Yogyakarta.

Senasib sepenanggungan dengan Firmansyah, ia juga mengantre cukup lama di pelabuhan. Menurutnya, banyak kendaraan yang tidak mau mengalah saat terjebak.

"Jadi antrean itu sampai belasan jam. Biasanya normal Bengkulu-Yogyakarta itu dua hari dua malam," kata Astrid.

Korlantas Polri sebelumnya mengimbau masyarakat menghindari puncak arus balik lebaran 2022 yang diprediksi terjadi pada 6-8 Mei mendatang.

"Puncak arus balik lebaran tahun 2022 akan terjadi pada 6, 7, dan 8 Mei. Pada puncak arus balik diprediksi volume kendaraan tinggi," ujar Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi kepada wartawan, Selasa (3/5/2022).

Firman menilai perjalanan pulang masyarakat juga akan lebih nyaman apabila dilakukan lebih awal atau setelah arus balik. Lebih lanjut, dengan melakukan perjalanan diluar puncak arus balik, diharapkan volume arus lalu lintas tidak akan setinggi seperti pada puncak arus mudik kemarin.

"Masyarakat bisa mempertimbangkan setelah melakukan silaturahim dengan keluarga, dimanfaatkan waktu untuk pulang lebih awal. Kalau memang waktu cutinya cukup, bisa pulang setelah tanggal 9. Sekali lagi untuk kenyamanan kita semua," tandasnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close