Kapal Tenggelam di Kepulauan Seribu, 3 Tewas 1 Penumpang Hilang

Nusantaratv.com - 21 Agustus 2023

Ilustrasi. (Net)
Ilustrasi. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Kapal Motor (KM) Dewi Noor 1 tenggelam di perairan Kepulauan Seribu, Sabtu (21/8/2023). Tiga penumpang meninggal dunia dalam peristiwa itu.  Sementara satu lainnya yang hilang masih dalam proses pencarian.

Kepala Kantor SAR Jakarta Fazzil mengatakan, kapal yang dinaiki 15 penumpang tersebut mulanya melakukan perjalanan dari Pantai Mutiara menuju Pulau Sepa, Kepulauan Seribu, pukul 01.00 WIB, Sabtu (19/8/2023).

Lalu, kapal tenggelam di perairan antara Pulau Untung Jawa dan Pulau Pari pada pukul 04.00 WIB. Para penumpang dievakuasi oleh tim SAR gabungan dengan menggunakan kapal patroli milik Polair dan TB Mitra Jaya 21.

Ada 15 penumpang dalam KM Dewi Noor 1 yang tenggelam di perairan Kepulauan Seribu. Satu penumpang atas nama Aan (47) meninggal dunia.

"Korban meninggal dunia Aan (47) dievakuasi menuju RS Polri Kramat Jati," ujar Kepala Kantor SAR Jakarta Fazzli, Sabtu (19/8/2023).

Sementara, dua korban meninggal lainnya merupakan penumpang yang sempat hilang sejak kapal tersebut tenggelam. Total penumpang KM Dewi Noor 1 yang tewas menjadi tiga orang.

"Dua korban sudah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Tinggal satu orang lagi," kata Fazzli, Senin (21/8/2023).

Ia tak menyebutkan identitas kedua korban tersebut. Kini, jenazah keduanya telah dibawa ke RS Kramat Jati, Jakarta Timur.

"Untuk identitas masih menunggu identifikasi polisi di RS Polri Kramat Jati," kata dia.

Fazzli menjelaskan, korban 1 ditemukan pada pukul 09.56 WIB di sekitar Pulau Bokor dengan radius 2,1 nautical mile (NM) dari LKP. Korban 2 ditemukan pada pukul 10.02 WIB di sekitar Pulau Pari dengan jarak 6,6 NM dari LKP.

"Jarak antar korban ditemukan 6,7 NM," ucapnya.

Proses evakuasi terhadap penumpang KM Dewi Noor 1 yang tenggelam di perairan Kepulauan Seribu masih dilakukan. Data per Senin (21/8/2023) menyebutkan sebanyak 11 penumpang selamat, 3 orang tewas, dan 1 lainnya masih dalam proses pencarian tim SAR. 

Penyebab tenggelamnya kapal masih diselidiki. Fazzli mengatakan cuaca sedang baik saat kapal melintas.

"Sementara kita masih belum ini ya. Yang jelas itu kan kapal muatannya bahan bangunan. Untuk penyebabnya belum, masih kita dalami dengan Polair penyebabnya kenapa, karena cuaca cenderung kondusif ya untuk cuaca," kata Fazzli.

Fazzli mengatakan KM Dewi Noor 1 bermuatan material bangunan rutin melintas di perairan Kepulauan Seribu. Dia mengatakan 15 penumpang kapal merupakan para pekerja bangunan.

"Iya, dia rutin, tujuannya ke Pulau Sepa, dari Muara Angke. Kalau keterangan dari 10 orang (yang selamat) itu pekerja bangunan," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close