Kantor Imigrasi Palembang Gelar Donor Darah Perkuat Stok PMI

Nusantaratv.com - 11 Januari 2023

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Mohammad Ridwan mengikuti donor darah massal Hari Bhakti Imigrasi di aula Imigrasi Palembang, Rabu (11/1). (ANTARA/Yudi Abdullah/22)
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Mohammad Ridwan mengikuti donor darah massal Hari Bhakti Imigrasi di aula Imigrasi Palembang, Rabu (11/1). (ANTARA/Yudi Abdullah/22)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan menggelar donor darah massal dalam rangka menyemarakkan Hari Bhakti Imigrasi ke-73 dan memperkuat stok darah Palang Merah Indonesia (PMI) setempat.

Aksi donor darah massal yang digelar di Palembang, Rabu, ditargetkan minimal 100 kantong darah, diikuti karyawan Kantor Imigrasi Palembang, sejumlah pemohon paspor, perwakilan lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan negara setempat.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Mohammad Ridwan mengatakan, dalam rangka menyemarakkan Hari Bhakti Imigrasi ke-73 yang jatuh pada 27 Januari 2023, pihaknya menggelar berbagai aksi sosial sebagai wujud kepedulian terhadap sesama yang salah satu di antaranya donor darah massal.

Melalui donor darah massal itu diharapkan dapat menambah stok darah PMI Cabang Kota Palembang yang setiap bulannya memenuhi permintaan darah pasien rumah sakit pemerintah dan swasta hingga 7.000 kantong, kata Ridwan.

Sementara Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumsel, Herdaus seusai menyumbangkan satu kantong darahnya mengatakan aksi sosial serupa digelar juga di Kantor Imigrasi Kelas II Muara Enim.

Kegiatan tersebut merupakan aksi kemanusiaan yang rutin digelar pihaknya untuk membantu menambah stok di bank darah yang berdasarkan penjelasan pihak PMI permintaan darah dari masyarakat yang menjalani perawatan di rumah sakit setiap tahunnya mengalami peningkatan.

Dengan aksi sosial yang digelar jajaran keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumsel dapat mengatasi masalah kekurangan stok darah di PMI setempat, ujar Herdaus.

Ketua PMI Kota Palembang Fitrianti Agustinda mengajak berbagai lembaga, instansi pemerintah dan swasta untuk melakukan kegiatan donor darah massal guna meningkatkan stok darah.

Donor darah massal yang dilakukan oleh lembaga atau suatu instansi memberikan kontribusi yang cukup besar dalam meningkat stok di bank darah PMI sehingga kegiatan itu perlu digencarkan lagi.

Jika rata-rata per hari ada satu kali saja kegiatan donor darah massal di Bumi Sriwijaya ini dengan peserta minimal 100 orang, dalam satu bulan bisa diperoleh tambahan stok darah 3.000 kantong.

"Melihat banyaknya tambahan stok darah dari kegiatan donor darah massal itu, kami berupaya lebih gencar lagi melakukan pendekatan mengajak pimpinan lembaga atau instansi pemerintah/swasta melakukan kegiatan donor darah massal, sehingga stok darah tersedia cukup, sesuai kebutuhan sekitar 5.000 -7.000 kantong per bulan," ujar Ketua PMI yang juga Wakil Wali Kota Palembang itu.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])