Kanal Parlemen Rusia Diblokir YouTube

Nusantaratv.com - 09 April 2022

Pasukan Rusia. (Net)
Pasukan Rusia. (Net)

Penulis: Maulana

​​​​​Nusantaratv.com - YouTube memblokir Duma TV, saluran penyiaran parlemen Rusia. Keputusan itu membuat sejumlah pejabat Rusia marah.

Pada Sabtu (9/4/2022), sebuah pesan di YouTube berbunyi bahwa channel Duma TV telah "dihentikan karena melanggar Persyaratan Layanan YouTube".

YouTube yang dimiliki Google, lalu berada di bawah tekanan dari regulator komunikasi Rusia, Roskomnadzor, dan para pejabat negara tersebut dengan cepat merespons keputusan blokir itu.

"Dari kelihatannya, YouTube telah menandatangani surat perintahnya sendiri. Simpan konten, pindahkan ke platform Rusia. Dan cepat," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova dalam pesan Telegram.

Pengawas komunikasi menjelaskan telah meminta Google memulihkan akses ke saluran Duma sesegera mungkin.

"Perusahaan IT Amerika menganut posisi anti-Rusia yang jelas dalam perang informasi yang dilakukan Barat melawan negara kita," tulis pernyataan Roskomnadzor.

Reuters menyebut Google tak segera merespons permintaan tanggapan pemblokiran kanal parlemen Rusia ini.

Sementara, juru bicara Duma, Vyacheslav Volodon mengatakan kebijakan YouTube adalah bukti lanjutan dari pelanggaran hak dan kebebasan oleh Washington DC.

"Amerika ingin mendapatkan monopoli dalam promosi informasi. Kami tidak dapat membiarkan itu terjadi," jelas Volodon dalam Telegram.

Rusia selama ini diketahui membatasi akses ke Twitter, Facebook, serta Instagram sejak mengirim ribuan tentara ke Ukraina pada 24 Februari.

Rusia sebelumnya sempat mencoba melarang aplikasi pesan Telegram yang kini banyak digunakan oleh pejabat Negeri Beruang Merah. Tapi larangan itu dicabut pertengahan 2020.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])