Kaltara Komitmen Sukseskan Gerakan Membudayakan K3

Nusantaratv.com - 07 Februari 2023

Pekerja di satu lokasi tambang batu bara di Tanjung Selor, Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara. (ANTARA/Muh. Arfan)
Pekerja di satu lokasi tambang batu bara di Tanjung Selor, Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara. (ANTARA/Muh. Arfan)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara berkomitmen menyukseskan gerakan nasional membudayakan keselamatan dan kesehatan kerja (K3), salah satunya melalui Apel Bulan K3 tingkat provinsi, Kamis (9/2).

"Kita gelar Apel Bulan K3 pada Kamis (9/2) lusa sebagai salah satu implementasi budaya keselamatan dan kesehatan kerja dan di tiap tempat kerja," kata Kepala Seksi Pengawas Norma Ketenagakerjaan dan K3 Disnakertrans Kalimantan Utara Dewi Parasamya Wijayanti  di Tanjung Selor, Selasa.

Apel Bulan K3 tingkat Kalimantan Utara digelar di Lapangan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) PT Sumber Alam Sekurau, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan.

Apel K3 tahun ini mengangkat tema "Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja".

Bulan K3 juga akan dirangkai dengan kegiatan sosial berupa donor darah yang diikuti para pekerja di sekitar PLTU Sumber Alam Sekurau.

"Akan ada juga penganugerahan kecelakaan nihil (Zero Accident Award) kepada perusahaan yang berhasil mempertahankan dan menjalankan program Keselamatan dan Kesehatan Kerja selama periode tiga tahun berturut-turut," ujar dia.

Pemberian penghargaan itu mengacu Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor PER-01/MEN/I/2007 tentang Pedoman Pemberian Penghargaan K3.

Adapun Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 135 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan K3 menjelaskan bahwa era globalisasi saat ini masih menghadapi tantangan yang membawa perubahan di berbagai bidang yang berdampak munculnya profesi baru, pola kerja baru, perubahan waktu kerja, serta teknologi baru yang dapat menyebabkan potensi bahaya dan risiko baru.

Kondisi tersebut harus diimbangi dengan upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja melalui pelaksanaan K3.

"Semoga ke depan jumlah perusahaan mengimplementasikan K3 di lingkungan kerjanya semakin meningkat sehingga produktivitas pekerja tetap terjaga dan keberlangsungan masyarakat industri khususnya dan masyarakat Kalimantan Utara umumnya dapat terwujudkan," kata dia.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])