Kala 'Jokowi, Rizieq dan Prabowo' Bertemu dalam Satu Acara

Nusantaratv.com - 15 April 2022

Kaligrafi Rizieq Shihab. (CNNIndonesia.com)
Kaligrafi Rizieq Shihab. (CNNIndonesia.com)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Ratusan karya seni kaligrafi dari lokal maupun internasional, dipamerkan di Jakarta Islamic Centre (JIC) pada Jumat (15/4/2022). Pameran kaligrafi tersebut mengusung tema besar 'The Power of Quran'.

Dari ratusan kaligrafi yang dipajang di koridor masjid JIC, ada lima rupa tokoh dalam sebuah guratan kaligrafi, yaitu Presiden Joko Widodo (Jokowi), serta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Lalu, mantan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, YouTuber Deddy Corbuzier, hingga Bos Facebook Mark Zuckerberg.

"Tokoh tadi sebenarnya itu saya yang buat. Saya banyak juga tokoh yang saya buat, tapi kita pamerkan disini hanya lima. Untuk Pak Jokowi dan Pak Prabowo itu sebelum pemilihan presiden (2019) sudah saya buat," ujar Ketua panitia penyelenggara sekaligus Direktur Islamic Exhibition M Arif Syukur, Jumat (15/4/2022).

Sementara tokoh Mark, Arif hadirkan sebagai makna filosofis, bahwa seni kaligrafi bersifat universal dan tak hanya milik umat Islam saja. Sedangkan sosok Deddy ia hadirkan sebagai 'hadiah' kala Deddy memutuskan memeluk Islam pada 2019 lalu.

Arif melanjutkan tema seni kaligrafi ini memang kontemporer, tapi para seniman diberikan kebebasan untuk mengkreasikan hasil kaligrafi mereka. Dalam pameran kali ini, ia juga mencatat seniman dari 26 negara ikut berpartisipasi.

Di antaranya yakni India, Malaysia, Iran, Tunisia, Bangladesh, Mesir, Iraq, Algeria, Lebanon, Pakistan, Morocco, China, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Inggris, Amerika, Syiria, Bahrain, Uzbekistan, Libya, Yaman, Kuwait, Afghanistan, Thailand, dan Sri Lanka.

Seni kaligrafi dengan rupa sejumlah tokoh Indonesia dipajang dalam acara pameran seni kaligrafi kontemporer internasional di Jakarta Islamic Centre (JIC), Jumat (15/4/2022) Arif pun berharap bisa memberikan karya kaligrafinya itu kepada Jokowi maupun Prabowo. Tapi, hingga hari ini dirinya belum bisa berkomunikasi dengan mereka.

"Apakah kaligrafi ini yang ada Deddy, Pak Jokowi, Pak Prabowo akan diserahkan? Kami sangat berkeinginan untuk berkomunikasi langsung sih, menghadiahkan. Tapi sampai hari ini belum tersambungkan," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close