Kala Jokowi Bicara Bahasa Jawa di Depan Menlu Negara-negara ASEAN

Nusantaratv.com - 14 Juli 2023

Presiden Jokowi. (Net)
Presiden Jokowi. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini menerima kunjungan kehormatan para Menteri Luar Negeri (Menlu) ASEAN di Jakarta. Jokowi bicara mengenai pentingnya persatuan serta soliditas antarnegara ASEAN.

"Kami di ASEAN berkomitmen untuk terus memperkuat persatuan soliditas, serta memperkokoh sentralitas ASEAN dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan," kata Jokowi dalam pidatonya di Hotel Shangri-La, Jakarta, Jumat (14/7/2023).

Menurut Jokowi ASEAN tak boleh menjadi ajang persaingan. Jokowi pun meminta kerja sama dari semua pihak.

"Yang Mulia, ASEAN memiliki potensi besar untuk menjadi epicentrum of growth, baik berupa usia produktif yang melimpah serta kekayaan alam yang juga berlimpah. Kami negara-negara ASEAN, negara yang sedang berkembang butuh pengertian, butuh kearifan, dan juga butuh dukungan baik dari ngeara-negara maju dan negara-negara sahabat untuk meninggalkan pendekatan zero sum, dan mengambil pendekatan saling menguntungkan," tutur Jokowi.

Di hadapan Menlu ASEAN ini, Jokowi turut menyampaikan pepatah Jawa. Jokowi menyampaikan semangat kemenangan untuk negara ASEAN.

"Ada pepatah di Indonesia yaitu 'menang tanpo ngasorake', yang artinya kita dapat menjadi pemenang tanpa merendahkan yang lain, tanpa mengalahkan yang lain, untuk itu saya mengajak kita semuanya marilah kita menjadi pemenang yang terhormat, menang tanpo ngasorake," tandasnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close