Kala Anies Sudutkan Mahkamah Konstitusi saat Sidang Sengketa Hasil Pilpres

Nusantaratv.com - 27 Maret 2024

Anies Baswedan saat sidang sengketa hasil Pilpres 2024 di MK. (YouTube)
Anies Baswedan saat sidang sengketa hasil Pilpres 2024 di MK. (YouTube)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menyinggung Mahkamah Konstitusi (MK) saat sidang sengketa hasil Pilpres 2024 di MK, Rabu (27/3/2024). Anies menyebut Mahkamah turut menjadi bagian kecurangan Pilpres 2024.

"Bahkan intervensi ini sempat merambah hingga pemimpin Mahkamah Konstitusi," ujar Anies selaku prinsipal pada sidang sengketa hasil Pilpres 2024, dalam penyampaiannya. 

Intervensi kekuasaan kepada MK, kata Anies menghancurkan harapan terhadap lembaga itu. 

"Ketika pemimpin Mahkamah Konstitusi yang seharusnya berperan sebagai jenderal benteng pertahanan terakhir, menegakkan prinsip-prinsip demokrasi, terancam oleh intervensi," tuturnya. 

Menurut Anies, intervensi terhadap MK merupakan persoalan serius. Sebab berkaitan dengan negara. Jika MK dirusak, menurutnya negara juga rusak. 

"(Ketika pemimpin MK diintervensi) Maka pondasi negara kita, pondasi demokrasi kita berada dalam bahaya yang nyata," jelas Anies.

Diketahui, MK sempat membuat putusan yang memungkinkan Gibran Rakabuming Raka maju di Pilpres 2024. Akibat dari putusan itu, Ketua MK kala itu yang juga paman Gibran, Anwar Usman, dicopot karena dinilai melanggar etika. Walau demikian, putusan itu tetap sah dan dinyatakan berlaku.

Bersama Prabowo Subianto, Gibran akhirnya memenangi Pilpres. Belakangan hasil Pilpres 2024 digugat oleh Anies-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, serta pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD ke MK. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close