Kakorlantas: Sabtu Malam Puncak Arus Mudik di Tol Trans Jawa

Nusantaratv.com - 07 April 2024

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan.
Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan.

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Aan Suhanan memproyeksikan bahwa malam ini, Sabtu (6/4/2024), akan menjadi puncak arus mudik Lebaran di tol Trans Jawa.

Dalam pernyataannya, Irjen Pol Aan Suhanan mengungkapkan bahwa berdasarkan data yang ada, jumlah kendaraan yang menuju ke arah timur, khususnya ke Jawa diperkirakan akan mencapai puncaknya.

"kemungkinan malam ini itu akan terealisasi sebagai puncak arus mudik yang ke arah Jawa, kemungkinan nanti masuk kepada angka 178.000," kata Aan.

Ia juga menegaskan bahwa pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap arus mudik-balik baik di jalur tol arteri, maupun destinasi wisata. 

"Kami terus memantau arus lalu lintas di jalan tol, arteri, wisata, serta penyeberangan seperti Merak, Ketapang, Gilimanuk, dan Bakauheni," ujarnya.

Meskipun demikian, Aan Suhanan mengakui adanya antrean di Pelabuhan Merak akibat kapasitas yang tidak mencukupi. Dia menjelaskan bahwa pihaknya telah menerapkan sistem penundaan perjalanan dan mempersempit gerbang tol untuk mengatasi situasi tersebut.

Sementara itu, terkait penerapan aturan ganjil genap, Irjen Pol Aan Suhanan menegaskan bahwa aturan tersebut masih berlaku sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) pada pemberlakuan rekayasa lalu lintas dari kilometer nol Jakarta-Cikampek hingga KM 414.

Kakorlantas juga mengharapkan pemahaman dan toleransi dari para pemudik terkait penggunaan rest area. Dia menekankan pentingnya bergantian saat beristirahat untuk memastikan kenyamanan bersama.

"Dengan kondisi yang ada, kami berharap pemahaman dan toleransi dari para pemudik terkait penggunaan rest area agar bisa bergantian, serta mengutamakan keamanan dan kenyamanan bersama selama perjalanan," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close