KAI Daop 9 Jember Siapkan 7.680 Tempat Duduk Per Hari Angkutan Lebaran

Nusantaratv.com - 16 Maret 2023

Pramugari melayani penumpang kereta api di Stasiun Kereta Api Ketapang Banyuwangi. Kamis (16/3/2023)ANTARA/Novi Husdinariyanto
Pramugari melayani penumpang kereta api di Stasiun Kereta Api Ketapang Banyuwangi. Kamis (16/3/2023)ANTARA/Novi Husdinariyanto

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember membawahi Banyuwangi mempersiapkan sebanyak 7.680 tempat duduk per hari yang tersedia di 18 kereta api untuk mengatasi lonjakan penumpang angkutan mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Dicabutnya kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM oleh pemerintah, diperkirakan akan terjadi pergerakan lonjakan penumpang pada momentum libur Lebaran 2023.

“Jadi untuk mengatasi lonjakan penumpang kereta api, selama 22 hari masa angkutan Lebaran kami menyediakan 168.960 tempat duduk, atau dalam sehari 7.680 tempat duduk yang tersedia di 18 kereta api,” kata Manajer Hukum dan Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember Azhar Zaki Assjari saat dihubungi dari Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis.

Dia menjelaskan, KAI Daop 9 menyediakan 168.960 tempat duduk selama 22 hari masa angkutan Lebaran, mulai H-10 dan dua hari setelah hari raya serta H+10 Lebaran.
Namun demikian, lanjut Azhar Zaki, jika persediaan 7.680 tempat duduk per hari yang tersedia di 18 kereta api itu tidak memungkinkan dan terus terjadi lonjakan penumpang, maka pihak KAI akan menambah rangkaian kereta atau menambah gerbong masing-masing kereta api.

“Kalau persediaan tempat duduk masih belum memungkinkan, selain menambah rangkaian kereta api (gerbong), juga menggunakan opsi menambah jadwal perjalanan kereta api,” ujar dia.

Azhar Zaki menambahkan, KAI Daop 9 sudah dinyatakan siap untuk angkutan mudik Lebaran 2023 setelah tim dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian pada Kementerian Perhubungan melaksanakan rampcheck stasiun kereta api di wilayahnya. (Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close