KAI Cek Jalur Bandung Hingga Banjar Siapkan Perubahan Jadwal Kereta

Nusantaratv.com - 26 Mei 2023

Petugas KAI mengecek jalur rel kereta jelang pemberlakuan Gapeka 2023. (ANTARA/HO-Humas Daop 2)
Petugas KAI mengecek jalur rel kereta jelang pemberlakuan Gapeka 2023. (ANTARA/HO-Humas Daop 2)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 2 mengecek jalur kereta lintas selatan Jawa Barat, mulai dari Stasiun Bandung hingga Stasiun Banjar guna mempersiapkan pemberlakuan perubahan jadwal keberangkatan kereta api mulai Juni 2023.
 
Manajer Humas PT KAI Daop 2 Mahendro Trang Bawono mengatakan fokus inspeksi yang dilakukan meliputi kesiapan sarana dan prasarana, fasilitas stasiun, kesiapan sumber daya manusia, serta aspek penunjang lainnya.
 
"Hal ini dilakukan guna memastikan kesiapan seluruh lintas saat diberlakukannya Gapeka (Grafik Perjalanan Kereta Api) 2023. Serupa dengan persiapan saat Angkutan Lebaran maupun Angkutan Natal dan Tahun Baru," kata Mahendro di Bandung, Jawa Barat, Jumat.
 
Dia mengatakan pihaknya juga membina seluruh pekerja di lintas jalur selatan itu agar selalu waspada serta mempersiapkan dengan baik terkait operasional KA serta pendukungnya. Karena, kata dia, perubahan jadwal kereta itu akan menimbulkan peralihan.
 
Mahendro menjelaskan, Gapeka merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api.
 
Pemberlakuan Gapeka 2023, menurutnya menyebabkan perubahan jadwal keberangkatan, stasiun pemberhentian, dan penomoran KA pada sebagian besar KA baik itu KA Jarak Jauh maupun KA Lokal yang beroperasi di wilayah Daop 2 Bandung.
 
Sementara itu, EVP Daop 2 Bandung Takdir Santoso mengatakan pemberlakuan Gapeka 2023 berdampak pada efisiensi waktu tempuh perjalanan KA, sehingga jadwal keberangkatan dan kedatangan KA juga ikut mengalami perubahan.
 
Pada Gapeka 2023, menurutnya terdapat efisiensi waktu tempuh perjalanan KA Jarak Jauh keberangkatan wilayah Daop 2 Bandung sebesar total 214 menit per hari. Rinciannya, kata dia, efisiensi 40 menit pada KA Argo, 38 menit pada KA Eksekutif, 74 menit pada KA Eksekutif Campuran, dan 62 menit pada KA Ekonomi.
 
"Dengan adanya perubahan jadwal keberangkatan KA sesuai Gapeka 2023, kami mengimbau para pelanggan agar memperhatikan dan memastikan kembali jadwal perjalanan KA pada saat akan melakukan pemesanan maupun pembelian tiket," kata Takdir.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])