Kades di Jatim Disekap Warga, Evakuasinya Sampai Libatkan Polisi

Nusantaratv.com - 25 Mei 2023

Balai desa lokasi kades disekap. (Detikcom)
Balai desa lokasi kades disekap. (Detikcom)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) diwarnai dengan penyekapan. Perangkat desa dan panitia disekap warga yang tidak puas dengan pelaksanaan PTSL.

Kapolsek Buduran Kompol Heri Setyo Susanto menjelaskan, penyekapan dilakukan warga selama 6 jam, sejak pukul Rabu (24/5) 21.00 WIB hingga 3.00 WIB.

Menurut dia, penyekapan dilakukan dengan mengunci pintu pagar balai desa. Sementara saat itu Kades Sidokepung dan perangkat serta panitia masih berada di dalam.

"Memang benar, tapi itu bukan disandera, hanya warga mengunci pintu pagar balai desa," ujar Heri, Kamis (25/5/2023).

Dia menjelaskan, usai mendapatkan laporan dari balai desa polisi pun dilibatkan. Polisi yang dihubungi langsung ke lokasi. Kala melakukan evakuasi, warga masih banyak berada di balai desa. Polisi akhirnya berhasil mengevakuasi kades beserta panitia PTLS sekitar pukul 03.00 WIB.

Kendati tak menghalangi evakuasi, namun warga tetap meneriaki para perangkat desa dengan kata-kata yang menunjukkan ketidakbecusan desa mengurus PTSL.

"Panitia PTLS dan Kades dievakuasi oleh anggota melompat pagar Balai desa, dibawa pulang ke rumah masing-masing," tandas Heri.

Kepala Desa Sidokepung, Kecamatan Buduran, Sidoarjo disekap oleh warganya selama 6 jam. Mereka nekat melakukan penyekapan karena merasa tidak puas dengan kinerja panitia Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)

Penyekapan ini bermula saat belasan warga desa menanyakan kelengkapan persyaratan pengurusan PTSL. Namun oleh pihak panitia tidak segera memberikan penjelasan dengan baik ke warga desa tersebut.

Warga diketahui datang ke balai desa sekitar pukul 19.00 WIB. Merasa tak puas penjelasan dari panitia PTLS warga mengunci pintu pagar balai desa. Akibat pintu pagar terkunci Kades Sidokepung Elok Suciati tak bisa keluar dari balai desa.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close