Kabupaten Kaur-Bengkulu Diguncang Gempa 5,4 Magnitudo

Nusantaratv.com - 18 Juni 2022

Ilustrasi alat pengukur kekuatan gempa bumi/ist
Ilustrasi alat pengukur kekuatan gempa bumi/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Kabupaten Kaur, Bengkulu diguncang gempa bumi berkekuatan 5,4 magnitudo. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. 

"Tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG melalui akun Twitternya @infoBMKG, Sabtu (18/6/2022).

Dilaporkan, gempa terjadi pada pukul 18.22 WIB. Pusat gempa berada di laut 43 kilometer barat daya Kaur pada kedalaman 26 kilometer. Titik koordinat gempa berada di 4,93 Lintang Selatan dan 102.98 Bujur Timur.

Gempa ini dirasakan dalam skala (MMI) IV-V di Kepahiang, MMI IV Kota Bengkulu, Seluma, dan Rejang Lebong. Gempa ini juga dirasakan dalam skala MMI III-IV di Kaur, MMI III di Liwa dan Muko-muko, MMI II di Sekincau dan Pesisir Barat.

Baca juga: Usai Dibangun Akibat Gempa, Panglima TNI Tinjau Perumahan Prajurit Korem 142/Tatag

MMI II artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. MMI III adalah getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

MMI IV artinya pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi. Lalu MMI V berarti getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti.

Sejauh ini belum ada laporan terkait korban jiwa, korban luka dan kerusakan akibat gempa yang melanda Kabupaten Kaur, Bengkulu. 

Namun BMKG mengimbau agar masyarakat waspada terhadap kemungkinan terjadinya gempa susulan. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close