Kabupaten Cianjur Salurkan Subsidi BBM untuk 1.928 Angkutan Kota

Nusantaratv.com - 14 November 2022

Angkutan kota di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, mendapat subsidi bahan bakar minyak dari pemerintah daerah. (ANTARA/Ahmad Fikri)
Angkutan kota di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, mendapat subsidi bahan bakar minyak dari pemerintah daerah. (ANTARA/Ahmad Fikri)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur di Provinsi Jawa Barat menyalurkan subsidi bahan bakar minyak (BBM) senilai masing-masing Rp150 ribu per bulan selama tiga bulan untuk 1.928 angkutan kota.

"Selama tiga bulan ke depan sopir angkutan mendapat bantuan Rp450 ribu," kata Kepala Seksi Angkutan Orang Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur Darmawan di Cianjur, Senin.

Ia mengatakan bahwa penyaluran subsidi sudah dimulai di Kecamatan Sindangbarang dan akan dilanjutkan ke wilayah-wilayah kecamatan yang dilalui angkutan kota.

Darmawan menjelaskan bahwa pada pendataan awal dinas mencatat ada 3.500 angkutan kota yang beroperasi di wilayah Kabupaten Cianjur.

Namun, ia melanjutkan, berdasarkan hasil verifikasi dokumen izin trayek, KIR, Surat Tanda Nomor Kendaraan, dan data keluar masuk kendaraan di terminal hanya 1.928 angkutan kota yang memenuhi kriteria untuk mendapatkan subsidi BBM dari pemerintah.

Subsidi BBM dari pemerintah kabupaten hanya diperuntukkan bagi angkutan umum yang aktif beroperasi dan memiliki dokumen lengkap.

"Bentuk bantuannya bukan uang tunai, namun dalam bentuk voucher yang bisa ditukarkan di SPBU yang sudah bekerja sama dengan Dishub Cianjur. Kami sudah menandatangani MoU dengan delapan SPBU di Cianjur, sehingga dari dinas  langsung mengirim uang ke pengelola, bukan ke penerima," kata Darmawan.

Di antara pengemudi angkutan kota di Cianjur yang menerima subsidi BBM dari pemerintah daerah ada Junaedi (29).

"Sangat terbantu dengan voucher yang dibagikan untuk kami mengisi BBM, setidaknya dalam tiga hari kami bisa menyisihkan uang lebih. Harapannya tidak hanya tiga bulan, kalau bisa setiap bulan ada subsidi untuk sopir," katanya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close