Kabar Baik! Kuota Haji 2023 Kemungkinan Lebih Banyak dari Tahun Ini

Nusantaratv.com - 16 Juli 2022

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas/ist
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Kabar baik bagi masyarakat Indonesia khususnya umat Islam yang ingin menunaikan ibadah haji pada tahun depan atau 2023. Pasalnya, terbuka kemungkinan kuota haji Indonesia pada 2023 akan lebih banyak dari tahun ini. 

Demikian disampaikan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas berdasarkan informasi dari Menteri Haji Arab Saudi.

"Kuota tahun depan mudah-mudahan informasi yang saya dapat dari Menteri Haji Saudi ketika saya ketemu beliau pascamina itu insyaAllah akan lebih banyak dari tahun ini," kata Menag, Sabtu (16/7/2022).

Namun Menag belum dapat memastikan angka pasti kuota tersebut. Ia berharap Indonesia bisa kembali mendapatkan kuota hingga 100 persen.

Baca juga: Targetkan Kuota Haji 1443H Terserap 100 Persen, Kemenag Ingin Kurangi Angka Jamaah Batal Berangkat

Gus Yaqut menegaskan ia akan terus intens berkomunikasi dengan pihak Saudi.

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam pertemuan dengan Menteri Saudi itu juga disampaikan bahwa akan ada kuota khusus untuk usia lanjut.

"Definisi seperti apa saya belum tahu. Lebih baik kita tunggu saja Pemerintah Saudi," ujarnya.

Diketahui, pada pelaksanaan haji 2022, Indonesia mendapatkan kuota haji sebanyak 100.051 orang, atau berkurang setengahnya dari 2019 akibat pembatasan dampak dari pandemi Covid-19.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close