Kabaharkam Polri Minta Aktivitas Kepariwisataan di Labuan Bajo Dijaga Secara Utuh

Nusantaratv.com - 09 Mei 2022

Komjen Pol Arief Sulistyo berpose bersama awak KRI Kresna 7004. (Foto:Ist)
Komjen Pol Arief Sulistyo berpose bersama awak KRI Kresna 7004. (Foto:Ist)

Penulis: Gabrin | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Kabaharkam Polri, Komjen Pol Arief Sulistyo minta aktivitas kepariwisataan di Labuan Bajo dijaga secara utuh oleh personil kepolisian khususnya Ditpol Airud.

Hal tersebut disampaikan oleh Komjen Pol Arief Sulistyo saat melakukan peninjauan di KRI Kresna 7004 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT Kamis (5/5/2022) sore.

Sulistyo menjelaskan, Labuan bajo adalah tempat yang sangat potensial karena  tempat tujuan wisata dunia terutama Taman Nasional Komodo sehingga harus bisa menjaga dan mengamankan seluruh aktivitas kepariwisataan secara utuh.

“Ini adalah tugas mulia dan diharapkan bisa menjalankan tugas dengan baik,” tandasnya.

Ia berharap dengan fasilitas kapal yang ada, dirawat dengan baik karena sarana ini merupakan sarana untuk menyelamatkan masyarakat dan untuk menyelamatkan kalian. 

“Kapal ini merupakan kapal milik negara yang dibiayai dari pajak rakyat sehingga harapannya semoga kapal ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga, Kabaharkam Polri menekankan, agar anggota tidak boleh melakukan tindakan yang merugikan masyarakat.

“Kegiatan pengamanan masyarakat adalah yang utama sehingga jangan sampai fasilitas yang negara berikan yang bersumber dari pajak rakyat diperlakukan sewenang-wenang atau berbuat enaknya untuk kepentingan lain yang menyakiti hati masyarakat,” tegasnya.

Dalam hal pembinaan, Komjen Pol Arief Sulistiyanto berharap komandan kapal, bisa memberi pembinaan, kontroling, motivasi seluruh personel yang ada di kapal untuk bisa bersinergi dengan satuan-satuan lain yang ada di Labuan Bajo.

"Karena itu merupakan tugas kalian untuk membangun sinergi dengan seluruh komponen masyarakat. Seluruh potensi masyarakat yang ada kita manfaatkan untuk bersama-sama mengelola Kamtibmas yang ada di wilayah ini," tegasnya.

Pada kesempatan itu Kabaharkam Polri, Komjen Pol Arief Sulistyo menyampaikan, tujuan kedatangan di Labuan Bajo dalam rangka momen silahturahmi idul Fitri juga ingin melihat lebih dekat kondisi awak kapal selama bertugas di wilayah perairan Polda NTT.

“Sebagai pimpinan saya menyampaikan Selamat hari raya idul Fitri maaf lahir batin mudah-mudahan kedepannya kita akan lebih baik lagi,” ucapnya.

Selain itu, Komjen Pol Arief Sulistyo ingin melihat secara langsung kondisi kesehatan personil yang ditugaskan sebagai awak kapal di antara ratusan kapal yang ada di Labuan Bajo demi mendukung pengamanan di wilayah perairan Polda NTT.

Selain itu Juga, untuk mendukung keamanan destinasi pariwisata super prioritas Labuan Bajo terutama mendukung program pemerintah.

"Setelah melihat langsung kondisi kalian hari ini, saya akhirnya bisa tahu kendala-kendala yang dihadapi. Saya bersyukur karena kalian dalam kondisi sehat pada saat ini sudah sangat siap melaksanakan tugas pengamanan," ujar Sulistyo.

Lebih lanjut Sulyistyo meminta seluruh personil tetap menjaga protokol kesehatan sekaligus memberikan contoh dan menjadi teladan bagi masyarakat dalam rangka penanggulangan covid 19.

Sulistyo juga memberikan apresisi kepada jajaran Direktorat Pol Airud yang bekerja keras dalam upaya penegakan hukum dalam rangka pemeliharaan Kamtibmas. 

"Sejak beberapa bulan lalu saya menjabat sebagai Kabaharkam, begitu banyak prestasi yang ditorehkan direktorat Polair," ujar Sulistyo.

Adapun keberhasilan dari Direktorat Pol Airud yakni penangkapan kayu ilegal, penangkapan minyak ilegal, penangkapan ganja dan penangkapan lobster yang didagangkan secara ilegal di Sumatera Selatan.

“Saya berharap seluruh awak kapal tetap memegang teguh profesionalitas dan pelayanan kepada masyarakat demi kelancaran upaya pengamanan destinasi pariwisata premium di Labuan Bajo, dan juga mencegah segala tindak kejahatan yang ada di perairan Labuan Bajo dan menegakkan hukum kegiatan yang mengancam aktivitas masyarakat di Labuan Bajo ini,” pintanya

 Selain memberikan pengarahan, Kabaharkam Polri Juga memberikan bantuan secara simbolis kepada ABK kapal Kresna 7004.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close