Jokowi Ucapkan Terima Kasih: 10 Tahun Bersama Kuat Melintasi Tantangan dan Perubahan

Nusantaratv.com - 16 Agustus 2024

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan Pidato Kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI dan Sidang Paripurna DPD RI, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen MPR/DPR/DPD RI pada Jumat (16/8/2024). (Foto: Tangkapan layar)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan Pidato Kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI dan Sidang Paripurna DPD RI, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen MPR/DPR/DPD RI pada Jumat (16/8/2024). (Foto: Tangkapan layar)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan Pidato Kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI dan Sidang Paripurna DPD RI, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen MPR/DPR/DPD RI pada Jumat (16/8/2024).

Dalam kesempatan itu, Kepala Negara menyampaikan ucapan terima kasih kepada rakyat Indonesia yang telah bersama-sama melintasi tantangan dan perubahan selama 10 tahun ini dengan kuat.

"Hari ini, 16 Agustus 2024, di momen terakhir saya dan Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin berdiri di sini, izinkan kami menyampaikan terima kasih yang tulus. Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Ibu semua," kata Presiden Jokowi.

"Kepada seluruh rakyat Indonesia di manapun berada, yang selama 10 tahun ini telah dengan kuat bersama-sama melintasi tantangan demi tantangan, menapaki langkah demi langkah, dan menghadapi terjadinya perubahan demi perubahan, sehingga kita sebagai sebuah bangsa yang besar bisa sampai pada titik ini. Titik yang bisa menjadi titik lontar untuk menggapai kemajuan bersama di masa yang akan dating," tambahnya.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi mengatakan, tahun 2024 ini merupakan tahun ke sepuluh dirinya menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia. Pada tahun ini pula, KH Ma'ruf Amin genap menjabat tahun kelima sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia.

Dia menilai jabatan tersebut sebuah tanggung jawab dan kepercayaan besar yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. "Sebuah mandat dan amanah besar yang tidak pernah kami pikirkan sebelumnya," jelasnya.

Presiden Jokowi mengungkapkan sejak hari pertama menerima amanah, dia menyadari akan ada banyak gelombang yang harus dihadapi dan banyak tantangan yang harus diselesaikan.

Namun demikian, Presiden Jokowi meyakini dia tidak akan melalui tantangan tersebut sendirian. Doa dan dukungan dari masyarakat lah yang menguatkan Presiden menghadapi berbagai gelombang dan tantangan itu.

"Ada cita-cita dan harapan masyarakat. Ada dukungan dan doa dari rakyat yang selalu mengiringi dan menguatkan. Senyum, sapa, dan doa Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara se-Bangsa se-Tanah Air adalah sumber kekuatan saya," tukas pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah (Jateng), 63 tahun silam itu.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close