Jokowi: Taufiq Kiemas Sosok Pemersatu

Nusantaratv.com - 08 Juni 2022

Almarhum Taufiq Kiemas dan istrinya, Megawati Soekarnoputri. (Net)
Almarhum Taufiq Kiemas dan istrinya, Megawati Soekarnoputri. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenang almarhum Taufiq Kiemas sebagai sosok politikus yang memiliki jejaring pergaulan luas. Taufiq Kiemas dinilainya sebagai sosok yang mampu merangkul perbedaan.

"Pak Taufiq Kiemas adalah politisi dengan jejaring pergaulan yang sangat luas, komunikator yang baik, pemersatu dan mampu merangkul perbedaan-perbedaan yang ada," ujar Jokowi saat menyampaikan sambutan di acara peresmian Masjid At-Taufiq di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (8/6/2022).

Jokowi pun menyebut, Taufiq Kiemas dikenal sebagai Bapak Empat Pilar atas kegigihannya membumikan Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Di samping itu, kata Jokowi, Taufiq Kiemas juga merupakan sosok pejuang kemanusiaan.

"Beliau juga sangat dikenal sebagai pejuang kemanusiaan atas kepedulian sosial yang tinggi dalam dunia pendidikan dan kesukarelawanan," kata Jokowi.

Jokowi kemudian menyampaikan harapannya terhadap Masjid At-Taufiq. Jokowi berharap masjid ini berperan sebagai tempat bagi umat Islam untuk menjalankan ibadah sebagaimana diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

"Namun Masjid At-Taufiq ini juga kita harapkan menjadi pusat untuk memperkokoh peradaban Indonesia modern, peradaban yang tidak mempertentangkan Islam dan Pancasila," jelas Jokowi.

"Justru memperkokoh keselarasan antara Pancasila dengan Islam, Pancasila dengan agama. Memperkokoh keselarasan antara empat pilar yaitu Pancasila UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika dengan Islam, dengan agama. Dan peradaban Indonesia yang membawa kemajuan Indonesia, menjadikan rakyat Indonesia yang sejahtera makmur dan bermartabat, menjadikan Indonesia sebagai Indonesia maju sebagaimana dicita-citakan oleh Bung Karno dan founding fathers," imbuhnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close