Jokowi Soal Pilpres: Terima Kasih TNI-Polri!

Nusantaratv.com - 28 Februari 2024

Presiden Jokowi saat berpidato di Rapim TNI-Polri. (YouTube Kemhan)
Presiden Jokowi saat berpidato di Rapim TNI-Polri. (YouTube Kemhan)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Terkait penyelenggaraan Pemilu 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran TNI-Polri. Alasannya, mereka dinilai Jokowi mampu mengemban tugas masing-masing. 

"Pertama-tama saya ingin ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran TNI dan Polri yang telah menjamin keamanan, yang telah menjamin ketertiban selama pelaksanaan Pemilu," ujar Jokowi dalam Rapat Pimpinan TNI-Polri di Mabes TNI, Jakarta, Rabu (28/2/2024). 

"Sehingga pemungutan suara dan penghitungan suara berlangsung dengan aman dan damai," imbuhnya. 

Jokowi mengakui Pemilu tak sepenuhnya berjalan mulus. Ada dinamika yang turut mengiringi dalam prosesnya. Namun, menurutnya hal itu masih dalam taraf wajar. 

"Walaupun saya tahu ada sedikit dinamika dan riak-riak kecil, itu biasa dan wajar dalam kita berdemokrasi," kata dia. 

Menurut Jokowi, perbedaan pendapat maupun perbedaan pilihan merupakan hal yang lumrah. Terutama dalam negara demokrasi.

Meski demikian, ia mengingatkan agar TNI-Polri tak lantas lengah usai pencoblosan. Sebab masih ada tahapan-tahapan lainnya yang tetap harus dikawal mereka. 

"Namun perlu saya ingatkan beberapa tahapan Pemilu sampai Oktober nanti, yang perlu langkah-langkah proaktif untuk menetralisir residu-residu politik, untuk memitigasi disinformasi-disinformasi Pemilu," tutur Jokowi. 

"Serta menjaga kerukunan, menjaga persatuan kita sebagai sebuah bangsa dan negara," sambungnya.

Diketahui, penghitungan real count baik pemilu legislatif maupun pemilu presiden tahun 2024 masih terus dilakukan KPU RI. Hasil sementara Pilpres berdasarkan real count KPU RI, capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming unggul. Sementara untuk Pileg, PDIP diperkirakan kembali menang pemilu.

Walau demikian, tudingan kecurangan penyelenggaraan pemilu muncul, utamanya pada Pilpres. Kondisi tadi memunculkan aksi protes di jalanan, hingga wacana untuk menggunakan hak angket DPR RI guna menyelidiki hal tersebut. 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close