Jokowi: RI Selalu Lahirkan Perempuan Tangguh

Nusantaratv.com - 21 April 2022

Presiden Jokowi.
Presiden Jokowi.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan peringatan Hari Kartini melalui berbagai akun media sosial miliknya. Melalui akun Twitter-nya, Jokowi menyebut Indonesia selalu melahirkan perempuan-perempuan tangguh di tiap zaman.

"Setiap zaman di sepanjang sejarahnya, Indonesia selalu melahirkan perempuan-perempuan yang tangguh, berpengaruh, dan menjadi inspirasi," tulis Jokowi, Kamis (21/4/2022).

Menurut dia, perempuan Indonesia turut mengambil peran di semua bidang, sehingga membuat bangsa ini besar dan terus melangkah maju.

"Mereka mengambil peran di semua palagan pengabdian yang membuat bangsa besar ini tetap tegak dan melangkah maju," kata dia.

Dalam cuitannya, Jokowi juga mengunggah video pendek yang menampilkan animasi wajah R.A Kartini. Video itu bertuliskan "Selamat Hari Kartini. Presiden Joko Widodo".

Tanggal 21 April ialah Hari Kartini. Tanggal ini bertepatan dengan hari lahir salah satu pahlawan bangsa, R.A. Kartini.

Kartini dikenal lantaran kegigihan memperjuangkan kesetaraan gender. Ia memperjuangkan hak pendidikan bagi perempuan. Dia mendirikan Sekolah Wanita di Semarang pada 1912 ,saat perempuan masih dilarang bersekolah tinggi.

Peringatan Hari Kartini disahkan Presiden Sukarno lewat Keputusan Presiden RI Nomor 108 Tahun 1964 pada 2 Mei 1964. Pada hari itu, Sukarno pun menetapkan Kartini sebagai pahlawan nasional.

Kumpulan-kumpulan surat Kartini dengan sahabat penanya yang berkewarganegaraan Belanda dibukukan dengan judul "Habis Gelap Terbitlah Terang". Lewat surat-surat itu, Kartini menuliskan gagasannya tentang nasionalisme dan perempuan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close