Jokowi Resmikan RS PPN Panglima Besar Soedirman dan Rumah Sakit TNI

Nusantaratv.com - 19 Februari 2024

Presiden Joko Widodo. (Foto: Dok. Kemhan RI)
Presiden Joko Widodo. (Foto: Dok. Kemhan RI)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo secara resmi membuka Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RS PPN) Panglima Besar Soedirman dan 20 rumah sakit Tentara Nasional Indonesia (TNI) lainnya pada hari Senin, 19 Februari 2024. Acara peresmian dilangsungkan di RS PPN Panglima Besar Soedirman, Bintaro, Jakarta.

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, pada pagi ini saya meresmikan Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara Panglima Besar Soedirman dan 20 rumah sakit TNI lainnya," kata Jokowi.

Jokowi mengapresiasi pembangunan fasilitas kesehatan ini dalam pidatonya. Menurutnya, kesiapan fasilitas dan SDM yang lengkap sangat penting dalam menghadapi situasi darurat kesehatan seperti pandemi COVID-19.

Foto: Dok. Kemhan RI

"Pandemi COVID-19 telah mengajarkan kita akan pentingnya fasilitas kesehatan yang lengkap dan SDM yang siap mengatasi situasi kedaruratan kesehatan. Oleh karena itu, saya mengapresiasi pembangunan RS PPN Panglima Besar Soedirman dan 25 rumah sakit lain yang diinisiasi oleh Kementerian Pertahanan," ujarnya.

Sebelum meresmikan RS PPN Panglima Besar Soedirman, Jokowi mengunjungi fasilitas dan peralatan yang ada di RS tersebut. Menurutnya, fasilitas di RS PPN Panglima Besar Soedirman tidak hanya lengkap tetapi juga sangat modern.

"Contohnya, MRI yang saya lihat tadi memiliki teknologi terbaru yang memungkinkan pengambilan gambar dari berbagai sudut. Begitu juga dengan CT Scan dan ruang operasi yang sangat canggih. Namun, yang terpenting adalah kesehatan kita semua," katanya.

Jokowi juga mengapresiasi pembangunan rumah sakit yang menggunakan komponen dalam negeri sebanyak 70 persen. Menurutnya, hal ini mendukung pengembangan industri nasional dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Foto: Dok. Kemhan RI

"Dengan fasilitas dan peralatan modern ini, saya berharap RS PPN dapat menjadi rujukan bagi Kementerian Pertahanan, TNI, keluarga, dan masyarakat umum untuk mendapatkan layanan kesehatan terbaik, serta menjadi rumah sakit pendidikan bagi Fakultas Kedokteran Universitas Pertahanan. Dan yang tidak kalah penting, rumah sakit ini siap menjadi pusat tanggap bencana," tambahnya.

RS PPN Panglima Besar Soedirman memiliki 28 lantai dengan luas 62 ribu meter persegi, berdiri di atas tanah seluas 2,2 hektare. Fasilitas kesehatan ini memiliki kapasitas 1.000 tempat tidur rawat inap, 55 tempat tidur instalasi gawat darurat (IGD), 11 ruang operasi, serta 90 ruang perawatan intensif yang terdiri dari berbagai jenis.

Selain RS PPN Panglima Besar Soedirman, 20 rumah sakit TNI lainnya juga diresmikan, termasuk rumah sakit TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. Presiden didampingi oleh sejumlah menteri dan pejabat tinggi negara dalam acara peresmian tersebut.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close