Jokowi Pastikan Putin Hadiri KTT G20 di Bali

Nusantaratv.com - 29 April 2022

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Vladimir Putin/ist
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Vladimir Putin/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin akan hadir pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Group 20 (G20) tahun ini di Bali.

Jokowi telah berkomunikasi langsung via telepon dengan Putin pada Kamis (26/4/2022).

"Dalam kesempatan tersebut presiden Putin menyampaikan terimakasih atas undangan KTT G20 dan beliau menyatakan akan hadir," ujar Jokowi dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (29/4/2022).

Jokowi mengungkapkan perbincangan melalui telepon itu, Putin memberikan perkembangan terbaru mengenai kondisi di Ukraina saat ini. Putin mengaku kepada Jokowi bahwa dirinya sedang melakukan proses negosiasi hingga saat ini.

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina, Vladimir Putin Ingatkan Semua Tidak Ikut Campur!

"Dan terakhir perbicangan pertelepon dengan presiden Rusia Vladimir Putin. Presiden Rusia memberikan update mengenai situasi di Ukraina termasuk proses negosiasi yang terus berlangsung antara Rusia dan Ukraina," ungkap Jokowi.

Jokowi pun menekankan agar perang antara Ukraina dan Rusia segera berakhir. Indonesia pun siap berkontribusi dalam upaya damai antara kedua negara tersebut.

"Saya kembali menekankan betapa pentingnya perang segera di akhiri. Saya juga menekankan solusi damai dapat terus dikedepankan dan Indonesia siap berkontribusi untuk upaya damai tersebut,"pungkasnya.

Seperti diketahui, sejumlah negara termasuk Amerika Serikat sempat menyampaikan keberatannya terhadap kabar yang menyebutkan Vladimir Putin akan hadir pada KTT G20 di Bali pada tahun ini. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close