Jokowi: Pasien Luka Berat Gempa Cianjur Dirujuk ke Jakarta

Nusantaratv.com - 24 November 2022

Presiden Jokowi meninjau korban gempa Cianjur. (Antara)
Presiden Jokowi meninjau korban gempa Cianjur. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pengecekan kondisi penanganan pasien terdampak gempa di RSUD Sayang, Cianjur. Jokowi menjelaskan, pasien dengan luka berat dirujuk ke Bandung atau ke Jakarta.

"Memang di awal ada 741 pasien. Sekarang tinggal 24. Yang lain sudah sebagian dipulangkan, sebagian dirujuk ke Bandung atau ke Jakarta untuk yang kasus-kasus berat," ujar Jokowi dalam keterangan persnya melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (24/11/2022).

Jokowi turut melihat kondisi perawatan pasien terluka akibat gempa Cianjur berjalan baik. Yang sembuh diperbolehkan pulang, sementara yang luka berat dirujuk.

"Saya rasa, saya melihat di sini baik. Yang berat dirujuk juga baik. Yang sudah sembuh juga diperbolehkan untuk pulang," kata dia.

Diketahui, kunjungan Jokowi itu diikuti sejumlah pejabat lainnya, antara lain Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri PPPA Bintang Puspayoga, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, dan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan jumlah korban meninggal dunia akibat gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu, naik menjadi 271 orang usai pada hari sebelumnya tercatat 268 orang yang meninggal.

Laporan BMKG, gempa bumi terjadi pukul 13.21 WIB, Senin, 21 November 2022. Gempa berpusat di 10 km arah barat daya dari Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, dengan kedalaman gempa 10 km.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])