Jokowi Kumpulkan Pj Kepala Daerah di Istana Pagi Ini, Ada Apa?

Nusantaratv.com - 07 Juni 2022

Presiden Jokowi. (Net)
Presiden Jokowi. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan para penjabat (pj) kepala daerah yang telah dilantik hari ini di Istana Kepresidenan Jakarta. Jokowi berencana memberi pengarahan kepada para pj. kepala daerah. Pertemuan dilakukan mulai pukul 10.00 WIB.

"Ya (Jokowi akan memberi pengarahan kepada pj kepala daerah), 48 orang," ujar sumber di lingkaran istana, Senin (6/6/2022).

Menurut sumber tersebut, pengarahan yang akan diberikan Jokowi meliputi kedisiplinan administrasi negara, integritas kepemimpinan wilayah, dan perencanaan program.

Sebelumnya, mengutip CNNIndonesia.com, pemerintah menunjuk sejumlah penjabat kepala daerah untuk mengisi kekosongan kepemimpinan. Kekosongan itu terjadi karena penyerentakan pilkada pada 2024.

Undang-Undang Pilkada meniadakan pilkada pada 2022 dan 2023. Seluruh pilkada digelar November 2024.

Sebagai gantinya, pemerintah pusat menunjuk penjabat. Pj. gubernur berasal dari pejabat pimpinan tinggi madya (eselon I) yang dipilih presiden.

Adapun pj. bupati/wali kota berasal dari pejabat pimpinan tinggi pratama (eselon II) yang dipilih menteri dalam negeri.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close